M. Tabrani, Ketua Kongres Pemuda Pertama dan Penggagas Bahasa Indonesia, Ternyata Orang Madura | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

M. Tabrani, Ketua Kongres Pemuda Pertama dan Penggagas Bahasa Indonesia, Ternyata Orang Madura

Editor: MMA
Rabu, 28 Oktober 2020 16:48 WIB

M. Tabrani. foto: Wikipedia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para pejuang kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia (RI) ternyata banyak berasal dari profesi wartawan dan penulis. Sebut saja Agus Salim, Tjokroaminoto, Bung Tomo, KH A. Wahid Hasyim, bahkan juga Bung Karno dan Bung Hatta. The founding fathers itu populer sebagai wartawan profesional dan penulis handal, di samping pejuang kemerdekaan tentunya.

Haji Agus Salim bahkan mengawali aktivitas perjuangannya sebagai redaktur Harian Neratja. Kemudian naik pangkat menjadi kepala redaksi. Karir jurnalistiknya meningkat sampai jadi Pemimpin Redaksi Surat Kabar Hindia Baroe. Agus Salim kemudian mendirikan surat kabar Fadjar Asia sebelum akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Partai Syarikat Islam (PSI).

HOS Tjokroaminoto juga wartawan handal. Tjokroaminoto identik dengan surat kabar Oetoesan Hindia. Maklum, ia selain memimpin surat kabar Oetoesan Hindia juga, banyak tulisannya tentang kebangsaan dituangkan dalam surat kabar yang dipimpinnya itu.

Bahkan dalam mengedukasi murid-murid politiknya, Tjokroaminoto selalu menekankan pentingnya menjadi penulis. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator," kata Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto adalah tokoh pers sekaligus guru politik yang melahirkan tokoh nasional seperti Soekarno, Semaoen, Alimin, Muso, dan Kartosuwiryo. Bahkan Tan Malaka pernah berguru kepada Tjokroaminoto yang saat itu tinggal di Jalan Peneleh Surabaya.

Nah, dalam momentum 2020 ini kita juga harus ingat Mohammad Tabrani Soerjowitjitro. Pemuda yang akrab dipanggil M. Tabrani ini juga berprofesi wartawan. Dan M Tabrani inilah yang menjadi Ketua Kongres Pemuda pertama yang berlangsung pada 30 April hingga 3 Mei 1926. 

Majalah Tempo menyebut Tabrani sebagai penggagas Kongres Pemuda yang sangat monomental itu. Jadi M. Tabrani punya jasa dan andil besar dalam mempersatukan pemuda Indonesia untuk melawan penjajah sekaligus memerdekan bangsa Indonesia.  

(foto: infopublik.co.id)

Bahkan pemuda M Tabrani ini pulalah yang mencetuskan kali pertama penggunaan bahasa Indonesia. Padahal, saat itu Moh. Yamin mengusulkan bahasa persatuan adalah bahasa Melayu.

Otomatis terjadi silang pendapat. Tapi Logika M Tabrani sangat menarik dan logis "Kalau nusa itu bernama Indonesia, bangsa itu bernama Indonesia, maka bahasa itu harus disebut bahasa Indonesia dan bukan bahasa Melayu, walaupun unsur-unsurnya Melayu," kata M. Tabrani melontarkan argumentasi melawan logika Moh. Yamin.

Sejak itu, untuk kali pertama frase 'bahasa Indonesia' diperkenalkan. Maka, dalam Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda pun lahir memuat poin ketiga, "Menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia." 

Peran strategis M. Tabrani lainnya, menurut Samuel S, Lusi (2017), adalah pada tahun 1936 saat memperjuangkan petisi Sutarjo yang berisi tuntutan kepada pemerintah Hindia Belanda agar Indonesia diberi kesempatan membentuk parlemen sendiri.

Yang menarik, ternyata M. Tabrani ini berasal dari Pamekasan . Ia lahir di Pamekasan, pada 10 Oktober 1904. Ini berarti pulau garam juga produktif melahirkan “tokoh bangsa penuh berkah” bagi Republik Indonesia

Meski orang , tapi Tabrani tergabung dalam organisasi Jong Java. Maklum, ia bekerja sebagai wartawan Koran Hindia Baroe. Koran ini dipimpin H. Agus Salim yang popular sebagai Ketua Jong Java .

Ahmaddani G.Martha dkk (1984) menyebut peran M. Tabrani sangat menonjol dalam Kongres Pemuda, baik secara personal maupun kelembagaan lewat Jong Java.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video