Cari Bibit Player Jelang PON 2021, AVGI Kota Batu Gelar KWB Esport Cup 2020

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Senin, 26 Oktober 2020 22:02 WIB

Salah satu tayangan game di ajang KWB Esport Cup Piala Wali Kota Batu tahun 2020.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT Kota Batu ke-19 dan sekaligus sebagai penjaringan atlet PON 2021 membawa nama Jawa Timur, Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) Kota Batu bekerja sama dengan AVGI Jawa Timur menggelar turnamen bertajuk Piala Wali Kota KWB Esport Cup 2020 bertempat di Lippo Plaza Kota Batu mulai 23 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang.

Ketua AVGI Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengungkapkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan popularitas Kota Wisata Batu di mata internasional. Apalagi para pemain tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan juga diikuti pemain dari Malaysia, Filipina, Singapura, dan Pakistan.

"Yang terpenting dalam kegiatan ini, kami ingin mencari bibit-bibit player untuk persiapan penjaringan atlet PON Jatim tahun 2021 mendatang. Kami berharap dengan adanya lomba ini muncul player-player tangguh dan mumpuni yang bisa bersaing dengan player dari luar negeri," ujar Alfi yang juga Kepala DPUPR Kota Batu ini.

Turnamen ini meliputi 3 game yaitu MLBB, PUBG, dan Valorant. Turnamen dilaksanakan secara online tanggal 23 Oktober – 1 November 2020. Valorant diikuti oleh 129 tim dari berbagai negara dengan rincian 10 team (+-50 orang) dari luar negeri (Malaysia, Filipina, Singapore dan Pakistan).

Turnamen Valorant dimenangkan oleh XCN dari Indonesia dengan hadiah $500 USD, urutan kedua diraih oleh Legion dari Indonesia dengan hadiah $350 USD, dan urutan ketiga dimenangkan oleh EAS dari Malaysia dengan hadiah $150 USD.

Terkait penggalangan dana, Alfi mengaku jika turnamen ini di-support oleh Bank Jatim, Acer, IgamerWorld.com, Unipin, Telkomsel, Golden Tulip, Atria, ASTON Inn dan Tora Café. Turnamen ini termasuk yang terbesar di Kota Batu dengan memperebutkan hadiah total Rp 35 juta. (asa/rev)