​Beri Bekal Anggota Hadapi Masa Pensiun, Polda Jatim Gelar Latpram Purna Bhakti ke-10

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Senin, 26 Oktober 2020 18:27 WIB

Kapolresta Sidoarjo memberikan kenang-kenangan kepada anggota yang memasuki masa pensiun.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, S.H. membuka Latpram Purna Bhakti yang berlangsung di Polresta Sidoarjo dengan tema, Pensiun Siap Bahagia yaitu, Sehat, Aktivitas, Bermanfaat, dan Produktif, Senin (26/10/20).

"Dengan Latpram seperti ini adalah membantu mempersiapkan saat purna dalam menyongsong kehidupan berikutnya dan memiliki kesiapan dalam menikmati pensiun yang bahagia, yang sehat, ikhlas, aktivitas, bermanfaat, dan produktif," ucap Kombes Pol Sumardji saat membuka acara.

Ia menuturkan hal-hal mendasar yang perlu dimiliki dalam merintis sebuah usaha, yakni keberanian. Tanpa keberanian, hal itu hanya merupakan bayang-bayang. Usaha yang perlu dilakukan saat ini adalah bersifat kesibukan, bukan untuk kaya raya.

"Usaha itu harus berani keluar modal serta ketekunan dan ketelitian. Hal ini bersangkutan dengan kepercayaan dalam menyukseskan usaha yang dimiliki," tuturnya.

Usai pengarahan dari Kapolresta Sidoarjo dilanjutkan oleh Kasubdit Walpres Kompol Budi yang membacakan amanat Kapolda Jatim sekaligus membuka Latpram Purna Bhakti gelombang ke-10 di Polresta Sidoarjo.

Kapolda Jatim pada kesempatan itu berpesan, dengan Latpram seperti ini menunjukkan bahwa institusi memberikan bekal dalam menghadapi masa pensiun sehingga mengurangi masa dropping di masa peralihan.

"Seseorang yang pensiun biasanya mengalami perubahan yang tidak dipikirkan sebelumnya sehingga rasa kaget anggota yang pensiun membuat rasa kurang PD karena sudah tidak dinas lagi," ujar Kapolda Jatim dalam amanatnya.

Kapolda melanjutkan, pensiun merupakan masa perubahan dari masa dinas ke masa istirahat, sehingga rasa kaget dimiliki anggota karena yang diterima mengalami perubahan drastis. Untuk itu, sebelum pensiun diberilah latpram untuk mempersiapkan diri terutama pada pendapatan.

Pada kesempatan terakhir, kapolda berpesan saat anggota nanti pensiun untuk selalu aktif memberikan kontribusi terhadap institusi dan segera menyesuaikan diri di lingkungan masyarakat. "Serta jadilah warga percontohan pembawa perubahan dil ingkungan dengan bekal Latpram Purna Bhakti ini," pesannya.

Latpram Purna Bhakti gelombang ke-10 di tahun 2020 yang dilaksanakan Biro SDM Polda Jatim ini diikuti 250 personel dan ASN Polri jajaran Satuan Fungsi Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, dan Polres Gresik. (cat/ian)