Dinas Perikanan Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan Lokal di Sungai Rau dan Sumber Gundi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 26 Oktober 2020 12:07 WIB

Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Santoso, secara simbolis menyerahkan benih ikan lokal kepada Camat Pagu Moch. Imron dan Kades Wates Hadi Sutrisno, disaksikan oleh Kapolsek Pagu AKP Hariyanto dan Benny Prasetyo dari EPPI. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menebar ratusan ribu benih ikan lokal jenis tawes dan tombro di dua lokasi di Kecamatan Pagu. Yaitu 65.500 ekor benih ikan ditebar di sungai dan sumber Rau, Desa Wates, serta jumlah yang sama yaitu 65.500 ekor akan ditebar di Sumber Gundi, Desa Tanjung.

Penebaran benih ikan lokal tersebut juga melibatkan Pemdes Wates, pegiat lingkungan seperti EPPI (Eks Pramuka Putra-Putri Indonesia), Kelompok Rante Rau, Wild Water Indonesia, FPH (Fort Pembela Hutan), FKH, dan FJH (Forum Jurnalis Hijau) Kediri.

Kades Wates, Hadi Sutrisno menjelaskan, bahwa penebaran benih ikan di sungai dan sumber Rau akan dilakukan dua kali, yaitu hari ini, Senin (26/20), dan Selasa (27/10). Benih ikan tersebut selanjutnya akan dikelola oleh KUB (Kelompok Usaha Bersama) Desa Wates.

"Yang jelas, kami atas nama warga Desa Wates mengucapkan terima kasih. Diharapkan benih ikan yang ditebar ini bisa tumbuh dengan baik, sehingga kelak bisa dikonsumsi warga Wates dan bisa menambah gizi," kata Hadi Sutrisno, Senin (26/10).

Sedangkan Camat Pagu, Moch. Imron yang juga hadir saar penebaran benih mengimbau kepada warga agar bisa menjaga sungai dan sumber Rau, agar ikan yang ditebar bisa tumbuh dengan baik. "Menjaga lingkungan itu memang tidak mudah. Harus ada keterlibatan masyarakat untuk menjaganya," ujar Camat Pagu.

Sementara itu, Santoso, Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menjelaskan penebaran benih ikan lokal ini dilakukan di dua lokasi. Yaitu di sungai dan sumber Rau Desa Wates sebanyak 65.500 ribu benih ikan, terdiri dari 35.500 ekor ikan tawes dan 30 ribu ekor ikan tombro. Serta di Sumber Gundi, Desa Tanjung dengan jumlah 65.500 benih ikan.

"Sebelumnya Dinas Perikanan sudah menebar benin ikan lokal di Sumber Pule, Desa Pule, Kecamatan Kandat dan di Sumber Paron, Desa Paron, Kecamatan Ngasem. Penebaran benih ikan lokal, selanjutnya akan dilakukan tahun 2021 mendatang," ujar Santoso.

Ayu Citra, Sekretaris Forum Jurnalis Hijau (FJH) Kediri sangat mengapresiasi langkah Dinas Perikanan yang memberikan bantuan benih ikan lokal untuk ditebar di sumber-sumber air di Kabupaten Kediri. "Dengan menebar benih ikan lokal di sumber-sumber air ini, selain menjaga ekosistem alami, otomatis juga akan melestarikan keberadaan ikan lokal itu sendiri," kata Ayu. (uji/rev)