Resmikan Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan di Sidoarjo, Gubernur Khofifah: Ini Ide Brilian

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
Minggu, 25 Oktober 2020 15:26 WIB

LAUNCHING: Gubernur Khofifah melihat atraksi memanah saat meresmikan Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan, Sabtu (24/10/2020). (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Sidoarjo kini punya tempat wisata baru, yakni Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin. Destinasi wisata baru ini diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (24/10/2020) sore.

Gubernur Khofifah mengapresiasi wahana Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan tersebut. Apalagi wisata ini diinisiasi oleh sejumlah anak muda yang tergabung di asosiasi pengusaha desa.

"Ini adalah pikiran out of the box. Memang harus diperkenalkan potensi-potensi yang luar biasa, keunggulan-keunggulan kompetitif, keunggulan-keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Desa Kalidawir ini," ungkapnya.

Menurut Khofifah, wahana wisata ini merupakan ide brilian. Apalagi, setahu dia, berkuda itu mahal sekali dan merupakan wisata orang kaya. "Tetapi ini diinisiasi oleh pemuda-pemuda Kalidawir. Ini luar biasa," puji Khofifah.

Kata Khofifah, wisata berkuda dan panahan yang bakal tersambung dengan wisata agro ini, menurutnya sangat menjanjikan. "Karena di mana ada wisata hidup, maka sektor riel juga akan hidup," tandasnya.

Diketahui, wahana ini juga akan terintegrasi dengan klub berkuda Yussar Stable and Riding yang merupakan tempat untuk pembinaan atlet cabang olah raga berkuda dan memanah.

Saat meresmikan wisata ini, Khofifah juga disuguhi atraksi kemampuan atlet berkuda dan atlet pemanah. Khofifah juga meninjau pameran produk andalan Sidoarjo dan menabur ribuan benih ikan di sungai dekat wahana wisata tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan, menindaklanjuti harapan masyarakat Desa Kalidawir, pemkab telah membuka akses jalan baru menuju lokasi Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan. "Baru sebulan lalu (akses jalan) dibuka," cetusnya.

Kata Hudiyono, berdasarkan usulan DPRD Sidoarjo, nanti sungai dekat wahana ini bakal diplengseng dan mempercepat pembangunan akses jalan dari timur ke barat. "Sehingga bisa meningkatkan tempat ini sebagai wisata edukasi anak-anak," bebernya.

Hudiyono mengatakan, saat ini, setiap hari tempat wisata ini sudah sering didatangi anak-anak untuk foto selfie di kandang kuda. Nah ke depan, usulan dari kades setempat, selfie nantinya bisa dilakukan di lahan sawah dekat wisata ini.

Kata Hudiyono, sudah ada kesepakatan antara pemdes, bumdes, dan asosiasi pengusaha muda desa untuk mengembangkan wisata ini. "Seiring dengan itu, saya kira pemkab, dewan, dan forkopimda men-support keinginan masyarakat di Sidoarjo ini," tandasnya. (sta/zar)