​Sejak Dibuka 2 Minggu Lalu, Wisata Kampoeng Anggrek di Kediri Terapkan Pembatasan Kuota Pengunjung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sejak Dibuka 2 Minggu Lalu, Wisata Kampoeng Anggrek di Kediri Terapkan Pembatasan Kuota Pengunjung

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 23 Oktober 2020 18:47 WIB

Zaenudin, Direktur PT Anugrah Anggrek Nusantara, Pengelola Kampung Anggrek saat mengamati anggrek jenis onsidium. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Kampoeng Anggrek, pikiran orang pasti melayang ke area perkebunan yang asri di Lereng Gunung Kelud. Ya, Kampoeng Anggrek, merupakan kawasan wisata bunga, produksi dan penjualan anggrek. Terletak di Lereng Gunung Kelud, tepatnya berada di Dusun Semberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Sebelum pandemi, pengunjung Kampoeng Angrek bisa mencapai 3.000 orang seharinya, terutama di hari Sabtu dan Minggu. Namun selama pandemi, Kampoeng Anggrek harus tutup seperti tempat wisata utama lainnya di Kabupaten Kediri.

Sebelum pandemi, Kampoeng Anggrek buka setiap hari mulai Senin-Sabtu: 08.00-16.30 WIB/tiket Rp 10.000. Khusus hari Minggu/Hari Libur: 08.00-17.00 WIB/tiket Rp 12.000. Namun ketika pandemi mendera, mulai pertengahan bulan Maret 2020-akhir September 2020, Kampoeng Anggrek ditutup total. Otomatis pemasukan dari tiket pengunjung dan pembelian anggrek, juga berhenti.

Ada beberapa jenis anggrek di Kampoeng Anggrek ini, antara lain phalaenopsis/anggrek bulan, vanda, catlea, onsidum, dan dendrobium. Keindahan bunga anggrek memang sudah mendunia. Saking indahnya, bunga anggrek sampai dijadikan judul sebuah lagu jadul. Meski banyak jenisnya, anggrek yang tenar dan menjadi favorit adalah anggrek bulan, dan yang kedua adalah dendrobium.

Satu tangkai anggrek bulan saat ini dihargai Rp 125 ribu, sedangkan jenis lain harganya bervariasi dari harga Rp 30-100 ribuan. Indonesia merupakan pemilik bunga anggrek dengan tingkat keanekaragaman terbesar kedua setelah Brazil. Ada 5.000-6.000 spesies anggrek yang berada di Indonesia dari total 26.000 spesies anggrek di dunia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   wisata kediri

Berita Terkait

Bangsaonline Video