Jelang Konferwil II AMSI Jatim, Kapolda Minta Media Siber Perangi Hoax dan Kampanye Protkes

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Senin, 19 Oktober 2020 18:41 WIB

Ketua AMSI Jatim Arif Rahman menyerahkan kenang-kenangan berupa baju AMSI kepada Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si. bersama menerima audiensi pengurus Asosiasi Media Cyber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur, Senin (19/10/2020) sore di Lobby Tribrata lantai 2 Mapolda Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, kapolda mengajak AMSI untuk bersama-sama memerangi berita hoax, terutama berita hoax soal masalah agama, yang bisa membuat perpecahan antar umat beragama di Indonesia. Kapolda mengatakan, kerja sama antara kepolisian dengan media siber yang ada di Jawa Timur sangat diperlukan untuk memerangi hoax.

"Kita perlu menjalin kerja sama dengan media siber di Jatim. Langkah ini dilakukan untuk memerangi berita hoax yang terjadi di Jatim," kata kapolda usai menerima audiensi dengan AMSI.

Kapolda juga menyinggung tentang bagaimana penurunan kasus pandemi Covid-19 di Jawa Timur. "Alhamdulillah, sampai saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di Jatim sudah mengalami penurunan drastis, sehingga semua harus saling sinergi dan saling menjaga kesehatan bersama, dengan tertib dalam penerapan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, juga tertib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ajaknya.

"Tingkat penyebaran Covid-19 di Jatim ini sudah mengalami penurunan drastis, sehingga mari bersama sama untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dengan patuhi prokes," tambah kapolda didampingi Kabid Humas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dan sejumlah pejabat utama Polda Jatim.

"Ke depan, Polri dan AMSI perlu adanya kerja sama untuk memberikan berita-berita yang baik agar ke depan Jawa Timur ini yang sudah baik bisa lebih baik terus. Selain itu, juga bisa membuat aman, sejuk dan damai untuk masyarakat Jawa Timur," katanya.

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," terang Irjen Fadil di Mapolda Jatim, Senin (19/10/2020).

Pengurus AMSI Jatim, selain bersilaturahim juga mengundang kapolda untuk hadir pada Konferensi Wilayah 2 AMSI Jatim, Sabtu (24/10/2020) mendatang. AMSI Jawa Timur pada Konferwil di Hotel Ciptaningati, Kota Batu, akan memilih pengurus AMSI Jatim periode 2020-2023 yang akan dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Semoga acaranya berjalan dengan lancar, selamat berkonferensi. Mudah-mudahan dalam agenda kegiatan AMSI selanjutnya kita bisa bergabung," harapnya.

Sementara itu Ketua AMSI Jatim, Arif Rahman menyatakan pihaknya sangat terbuka dengan kerja sama yang diinisiasi kapolda. Menurutnya, memang diperlukan kolaborasi antara media siber dengan Polri dan Pemerintah.

"Karena kami juga tidak bisa bekerja sendiri, apalagi saat kondisi Pandemi Covid-19. Sehingga perlu ada kerja sama dan kolaborasi antara Polri dan Pemerintahan," ucap Arif Rahman.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) sendiri saat ini sudah menjadi konstituen Dewan Pers. "Karena saat ini banyak sekali muncul media media online, sehingga ke depan AMSI juga akan dilibatkan untuk melakukan verifikasi media siber di Jawa Timur. Karena jumlahnya saat ini cukup banyak yang kurang lebih sudah mencapai puluhan ribu media siber," pungkasnya. (ana/ian)