​Kurangi Risiko Bencana Banjir, Relawan Lintas Peduli Lingkungan Bersihkan Sampah di Sungai Kalipang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kurangi Risiko Bencana Banjir, Relawan Lintas Peduli Lingkungan Bersihkan Sampah di Sungai Kalipang

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 18 Oktober 2020 13:50 WIB

Para Relawan dan Babinsa Desa Kalipang saat turun ke sungai. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan dari lintas komunitas peduli lingkungan di Kediri terus bergerak. Kali ini, mereka melakukan kegiatan susur sungai dan bersih-bersih sampah di sungai Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Minggu (18/10). Meski berada di desa pinggir hutan Lereng Gunung Wilis, namun Sungai Kalipang juga dipenuhi sampah beraneka rupa. Ada sampah popok, pampers, sampah plastik, dan sampah rumah tangga.

Gerakan yang mempunyai semboyan "Resik Kaliku, Resik Desaku, Sehat Wargaku. #KediriBenResik. Sudah Saatnya Kita Menjadi Solusi, Bukan Polusi" tersebut, selain dikuti oleh para relawan, juga melibatkan ibu-ibu PKK dan warga Desa Kalipang yang dipimpin langsung oleh Kades Kalipang. Tak ketinggalan Babinsa Desa Kalipang juga ikut turun ke sungai mengambili sampah.

Kamid, Kepala Dusun Jajar Desa Kalipang yang dusunnya ketempatan kegiatan bersih-bersih sungai mengaku sangat senang. Menurutnya, ini adalah awal yang baik untuk mewujudkan Desa Kalipang yang bersih, untuk menuju desa wisata. "Bersih-bersih sampah dan susur sungai ini, juga dimaksudkan untuk mengurangi risiko bencana banjir," ujar Kamid.

Kades Kalipang, Antonius Supratiknya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari sekolah sungai yang sudah digelar beberapa waktu lalu. "Kegiatan bersih sungai ini, nantinya harus diteruskan oleh warga Kalipang sendiri, sehingga bisa membantu para relawan. Harapan kami bila Desa Kalipang bersih dari sampah, maka akan mudah untuk menuju desa wisata," ujar Kades Kalipang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video