​Tokoh Masyarakat dan FKUB Banyuwangi Deklarasi Tolak Anarkisme | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Tokoh Masyarakat dan FKUB Banyuwangi Deklarasi Tolak Anarkisme

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
Jumat, 16 Oktober 2020 20:58 WIB

Deklarasi menolak anarkisme di Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyaknya aksi demonstrasi tolak omnibus law berujung anarkis di sejumlah wilayah tanah air, mengundang keprihatinan tersendiri bagi tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama (FKUB) di Banyuwangi.

Untuk itu, guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di Bumi Blambangan ini, mereka mendeklarasikan diri menolak aksi anarkisme di Gedung Rupatama Wira Pratama , Jumat (16/10/2020).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, S.I.K. mengatakan, deklarasi ini menindaklanjuti penetapan UU Cipta Kerja (Omnibus Law) oleh DPR RI yang banyak mendapat penolakan dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan buruh. Penolakan itu berakhir rusuh dan anarkis. “Unjuk rasa menyampaikan aspirasi itu boleh, tetapi anarkisme tidak boleh,” kata Kombes Pol Arman.

Untuk mengantisipasinya, pihaknya melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk berkomitmen menjaga keutuhan dan kedamaian di Banyuwangi. “Mari kita bersama-sama menjaga kedamaian di Banyuwangi,” ajak Arman.

Apalagi, di kabupaten paling ujung timur di Pulau Jawa ini telah memasuki masa kampanye dalam tahapan pilkada di masa pandemi. Untuk itu, pihaknya juga mengajak seluruh peserta yang hadir agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi suksesnya Pilkada Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua MUI Banyuwangi Moh Yamin, Lc mengatakan, meskipun penyampaian pendapat ataupun aspirasi dilindungi konstitusi. Namun, ia berharap hal itu tidak dilakukan secara anarkis.

“Kami menolak cara-cara penyampaian aspirasi dengan cara anarkisme,” tegas Moh Yamin yang juga Ketua FKUB Banyuwangi.

Apalagi, lanjut Yamin, Banyuwangi akan punya gawe besar yakni perhelatan Pilkada Banyuwangi. “Untuk itu, kita berkumpul di sini untuk memastikan Banyuwangi agar selalu aman, damai, dan tenteram. Jangan sampai ada celah bagi mereka yang ingin memecah belah bangsa Indonesia,” ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video