Ombak Besar Berkepanjangan, Nelayan Tuban Tak Melaut, Pemkab Tutup Mata | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ombak Besar Berkepanjangan, Nelayan Tuban Tak Melaut, Pemkab Tutup Mata

Editor: Revol
Wartawan: Suwandi
Rabu, 28 Januari 2015 22:14 WIB

Kapal-kapal di pesisir pantai Tuban terpaksa tidak melaut karena Ombak Tinggi. (Suwandi/BangsaOnline)

TUBAN (BangsaOnline) - Ombak besar yang sudah dua pekan lebih membuat nasib nelayan di Tuban semakin resah, bahkan dipastikan bisa gigit jari. Sebab, selain tidak melaut gara-gara ombak besar, Pemkab setempat melalui dinas perikanan dan kelautan juga tak mengeluarkan bantuan sembako pada nelayan ketika cuaca lagi ekstrem.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban, Sunarto, rabu (28/1). Meski saat ini cuaca lagi ekstrem dan ombaknya besar, namun tahun tidak akan ada bantuan sembako seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, pengeluaran sembako merupakan wewenang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) itupun jika pemkab resmi menyatakan tanggap darurat bencana.

“Kalau tahun sebelumnya sekitar 2012 lalu, ketika cuaca lagi eksterm atau ombak besar biasanya para nelayan itu dapat sembako, tapi untuk tahun ini tidak berlaku. Karena penyaluran sembako itu ada yang menangani sendiri yaitu BPBD,” terang Sunarto.

Ditambahkannya, wewenang dinas perikanan dan kelautan salah satunya mendata jumlah nelayan. Selain itu, melatih para nelayan agar hasil tangkapan ikan meningkat supaya bisa seperti nelayan didaerah lainnya.

“Kami pastikan pada tahun 2015 ini tidak ada nelayan yang diberi semabako, karena itu bukan bukan wewenang kami,” tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Nelayan Tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video