Perjuangan Ning Ita untuk Warga Miji Ditindaklanjuti Serius BAP DPD RI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perjuangan Ning Ita untuk Warga Miji Ditindaklanjuti Serius BAP DPD RI

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Senin, 05 Oktober 2020 20:54 WIB

Ning Ita mendampingi kunjungan BAP DPD RI.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Polemik terkait penyelesaian tanah eigendom verponding dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ada di Kelurahan Miji, terus diperjuangkan status kepemilikannya oleh pemerintah daerah. 

Upaya tersebut akhirnya ditindaklanjuti secara serius oleh Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Dewan Perwakilan Daerah RI () dengan dijembatani Pemerintah Kota Mojokerto di Ruang Nusantara, Balai Kota Mojokerto, Senin (5/10).

Sengketa tanah di Kelurahan Miji dengan pihak telah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Di mana pihak mengklaim status tanah di Miji Baru I Gang I, sebagai lahan milik . Namun dari dokumen yang dimiliki Pemerintah Kota Mojokerto, lahan tersebut merupakan tanah bekas pabrik tetes milik perusahaan swasta Belanda-Inggris bernama United Molase Company (UMC) yang terletak di sisi selatan rel kereta api Stasiun Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan, selama ini warga telah menempati lahan tersebut sejak tahun 1963. Di mana, sebelumnya Camat Kota Mojokerto mengajukan permohonan kepada pemerintah kotamadya untuk memberikan kuasa kepada kepala desa, agar lahan tersebut dapat diurus oleh warga. Namun seiring waktu berjalan, terdapat sengketa lahan dengan pihak yang mengklaim memiliki Peta Grondkaart sebagai bukti atas status tanah.

"Audiensi kali ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan kami (Pemerintah Kota Mojokerto) pada tanggal 30 Oktober 2019 bersama BAP terkait masalah lahan di Kelurahan Miji dengan . Dan alhamdulillah, semua tim dari BAP dapat memediasi serta membantu menyelesaikan permasalahan tanah di Kelurahan Miji dengan ," jelas Ning Ita, sapaan akrab wali kota.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video