Berani Tak Pakai Masker, Siap-siap Diburu Tim Swab Hunter Surabaya, Langsung PCR di Tempat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Berani Tak Pakai Masker, Siap-siap Diburu Tim Swab Hunter Surabaya, Langsung PCR di Tempat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kamis, 01 Oktober 2020 20:42 WIB

Tim Swab Hunter Kota surabaya saat menggelar operasi protokol kesehatan dan melakukan swab kepada warga yang kedapatan tak memakai masker.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meskipun saat ini kondisi di Kota Pahlawan sudah sangat membaik, tetapi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini justru semakin intensif dalam memutus mata rantai penyebaran virus global ini.

Salah satu terobosan baru yang dilakukannya kali ini adalah membentuk tim khusus bernama Tim Swab Hunter. Tim itu terdiri dari tiga pilar yakni kecamatan, kapolsek, dan danramil.

"Jadi, mereka bersinergi menggelar razia protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing. Apabila ditemukan warga yang melanggar, mereka langsung dikenakan sanksi dan langsung dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto di kantornya, Kamis (1/10).

Menurutnya, tim ini berawal dari evaluasi yang digelar Wali Kota Risma bersama para camat se-Surabaya. Saat itu, Risma ingin terus memasifkan tes untuk melakukan deteksi dini warga-warga yang terpapar Covid-19. "Akhirnya, terbentuklah Tim Swab Hunter. Tim ini melakukan operasi Swab Hunter. Jika ditemukan ada yang melanggar langsung di-swab," tegasnya.

Kepala BPB Linmas ini menjelaskan bahwa pada saat razia pagi hingga siang hari, jika ditemukan ada pelanggar langsung dibawa ke puskesmas di wilayah tersebut dan langsung tes swab di puskesmas. Sedangkan saat razia pada malam hari, jika ditemukan pelanggar, maka mereka akan dibawa ke beberapa titik lokasi swab yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video