Obat Diabetes Metformin Dapat Melindungi Otak dari Pikun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Obat Diabetes Metformin Dapat Melindungi Otak dari Pikun

Editor: Choirul
Kamis, 24 September 2020 22:24 WIB

foto: En Español

BANGSAONLINE.com - Obat tipe 2 yang umum disebut metformin mungkin memiliki efek samping yang tidak terduga, tetapi positif. Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang menggunakan obat ini, tampaknya mengalami penurunan lebih lambat dalam berpikir dan ingatan, seiring bertambahnya usia.

"Studi enam tahun kami terhadap orang Australia yang lebih tua dengan tipe-2, telah menemukan hubungan antara penggunaan metformin dan penurunan kognitif yang lebih lambat dan tingkat demensia yang lebih rendah," kata penulis studi Dr Katherine Samaras.

Dia adalah pemimpin penelitian penuaan yang sehat di Garvan Institute of Medical Research di New South Wales, Australia.

“Penemuan ini memberikan harapan baru untuk cara mengurangi risiko demensia pada individu dengan tipe-2, dan berpotensi pada mereka yang tidak menderita ,” kata Samaras.

Metformin membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif. Ini dikenal sebagai pemeka insulin. Insulin membantu mengantarkan gula ke dalam sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar. Orang dengan tipe-2 tidak menggunakan insulin secara efektif. Ini disebut resistensi insulin. "Metformin adalah obat peka insulin. Namun, ia memiliki sejumlah efek lain dalam sel yang memungkinkan mereka tetap sehat secara metabolik," jelas Samaras.

Samaras mencatat, para ahli berpikir bahwa tipe-2 atau resistensi insulin dapat berperan dalam degenerasi otak dan jaringan saraf, serta menyebabkan perubahan berbahaya pada pembuluh darah.

Dengan meningkatkan seberapa baik insulin bekerja dalam tubuh, metformin dapat membantu menahan beberapa kerusakan ini.

Studi diikuti lebih dari 1.000 orang, dengan rentang usia 70 - 90, selama enam tahun. Pada awal penelitian, semua relawan tinggal di rumah dan tidak ada tanda-tanda demensia. Mereka menjalani serangkaian tes neuropsikologis setiap dua tahun.

Di antara peserta, 123 menderita dan 67 menggunakan metformin.

Orang dengan yang tidak menggunakan metformin memiliki risiko lima kali lebih tinggi terkena demensia selama penelitian, demikian temuan penelitian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: consumer.healthday.com

 

sumber : consumer.healthday.com

 Tag:   Kesehatan diabetes

Berita Terkait

Bangsaonline Video