Bawaslu Kota Surabaya Bakal Pelototi Tahapan Jelang Masa Kampanye | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawaslu Kota Surabaya Bakal Pelototi Tahapan Jelang Masa Kampanye

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Selasa, 22 September 2020 14:31 WIB

Hadi Margo, Kordiv. Penyelesain Sengketa Bawaslu Kota Surabaya, dan Agus Turcham, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (bawaslu) Kota Surabaya, mulai pasang mata dan telinga memasuki tahapan kampanye, dengan memberikan bimtek kepada seluruh panwascam selama 3 hari, di salah satu hotel di kawasan tengah kota.

Jika mengacu tahapan Pilwali Surabaya, masa kampanye dimulai mulai Sabtu (26/9) depan sampai 5 Desember mendatang. Rentang panjang masa kampanye inilah yang jadi perhatian serius pengawasan Bawaslu dengan memelototi potensi-potensi pelanggaran saat kampanye.

"Ada dua obyek pengawasan yang jadi perhatian kami. Pertama, secara prosedural yakni ketaatan menerapkan protokol kesehatan. Kedua, memetakan potensi-potensi pelanggaran saat kampanye," tegas Hadi Margo, Kordiv. Penyelesain Sengketa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya, kepada bangsaonline.com, Selasa (22/9) di sela-sela Bimtek Panwascam.

"Dan nantinya tidak hanya potensi pelanggaran, tapi juga potensi sengketa proses, ketika saat pemasangan alat peraga kampanye, yang kerap kali paslon berebut posisi-posisi yang strategis. Sehingga kerap kali juga menimbulkan friksi-friksi di bawah, sehingga ini menjadi peran bawaslu untuk menyelesaikan, karena ini bagian dari sengketa antar peserta," terang Hadi.

Menurut Hadi, bimbingan teknis (bimtek) kepada 31 panwascam yang digelar selama 3 hari ini (21-23/9/2020) menitikberatkan pada pengawasan kampanye model tatap muka, dan pertemuan terbatas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video