Atasi Sampah Popok Sungai Brantas, Khofifah Apresiasi Kolaborasi Muslimat NU Surabaya-Common Seas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Atasi Sampah Popok Sungai Brantas, Khofifah Apresiasi Kolaborasi Muslimat NU Surabaya-Common Seas

Editor: Tim
Senin, 21 September 2020 21:12 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (tengah). (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, memberi apresiasi NU Surabaya yang telah membangun kolaborasi dengan Common Seas Indonesia mengatasi di dengan memperkenalkan popok yang dapat digunakan kembali. Popok pakai ulang ini mampu mereduksi jumlah yang selama ini mencemari .

Common Seas sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba asal Bristol, Inggris yang bekerja untuk mengurangi sampah plastik atau polusi sampah plastik di kawasan perairan dunia.

“Akibat bayi, air semakin keruh dan saat musim kemarau terkadang berbau tidak sedap. Hal ini sangat disayangkan, terlebih air merupakan bahan baku PDAM yang menyalurkan air bagi warga di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo,” ungkap Gubernur Jawa Timur, , Senin (21/9/2020).

Khofifah mengatakan, sedikitnya terdapat 16 juta jiwa atau sekitar 43% warga Jatim yang bermukim di sepanjang aliran . Tercatat ada 808.382 bayi yang berusia 0-4 tahun ada di 15 kabupaten-kota yang dilewati Brantas. Sehingga diperkirakan ada sekitar 3,2 juta popok sekali pakai dikonsumsi setiap harinya dan sebagian besar berpotensi dibuang ke .

“Ini menjadi persoalan serius karena mencemari baku air minum karena mengandung bakteri e-coli. Belum lagi, bahan baku popok yang terbuat dari plastik. Plastik itu sulit diuraikan,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video