​Unik, Makam di Sidoarjo Ini Dicat Warna-warni | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Unik, Makam di Sidoarjo Ini Dicat Warna-warni

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Minggu, 20 September 2020 11:12 WIB

Makam Warna-Warni Desa Balongdowo, Kecamatan Candi. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kuburan memang identik dengan suasana angker, namun tidak demikian dengan makam di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi. Warga ‘menyulap’ makam desa setempat menjadi lebih 'bersahabat'. Caranya, dengan mengecat pepohonan serta batu nisan dengan aneka warna. Kesan angker pun sirna.

Kesan angker semakin hilang dengan tembok pagar warna coklat beraksen khas kerajaan yang mengelilingi area makam. Gapura pintu masuk juga demikian, dibuat layaknya gapura pintu masuk sebuah keraton.

Juru Kunci Makam Desa Balongdowo, Kosim (52) mengatakan bahwa yang pertama kali dikerjakan adalah bagian pagar tembok dahulu. "Dibangun sekitar setahun yang lalu. Sedangkan pengecatan pohon dan batu pusara dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin," terang Kosim yang telah menjadi juru kunci sejak empat tahun lalu ini.

Kosim menerangkan bahwa dana yang digunakan untuk pembangunan makam merupakan sumbangan dari Rukun Tetangga di Desa Balongdowo yang berjumlah 32 RT ditambah beberapa donatur warga sekitar.

"Yang mengerjakan ya gotong royong warga sekitar. Warga sangat antusias, bahkan mengerjakan hingga malam," lanjut Kosim, Minggu (20/9/2020) pagi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video