Dalam Keterbatasan, Tunanetra Asal Papar Ciptakan Karya Seni Bernilai Jual Tinggi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dalam Keterbatasan, Tunanetra Asal Papar Ciptakan Karya Seni Bernilai Jual Tinggi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 19 September 2020 09:34 WIB

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Totok Yulianto, 45, seorang asal Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, pantas dijadikan inspirasi. Meski dalam keterbatasan, ternyata bukan menjadi alasan untuk tidak berkarya dan keluar dari ujian kesulitan yang diberikan Tuhan. Mungkin itulah kalimat yang tepat untuk disematkan kepadanya.

Pria yang akrab disapa Totok tersebut mampu keluar dari kesulitan dengan membuat usaha pahatan meja dan kursi dari bambu yang dijalani selama 10 tahun terakhir.

Sebelumnya, Totok pernah merasakan frustrasi akibat sakit mata yang diderita sehingga mengakibatkan buta. Bahkan ia harus merasakan depresi selama 2 tahun sejak tahun 2008 hingga 2010. Selain mengalami kebutaan mata, saat itu dia mendapat ujian bertubi-tubi, seperti kehilangan anak pertama dan ditinggal pergi oleh sang istri.

Dua tahun hidup dalam kekecewaan dan kesedihan, Totok Yulianto kemudian berani mengambil keputusan yang cukup berat untuk bangkit. Meski dalam keterbatasan, ia ingin buah hatinya tetap bisa bahagia, serta mengenyam pendidikan.

Bermodal uang Rp 2 juta dari pemberian temannya, pria bergelar Sarjana Ekonomi tersebut memutuskan untuk membeli sejumlah limbah kayu dan bambu serta peralatan memahat. Dengan berbekal kecintaannya pada dunia seni, ia kemudian mencoba menyulap limbah tersebut menjadi kursi dan pigura.

“Memilih menggunakan bambu untuk dipahat dan dijadikan karya seni karena saat itu bambu barang yang mudah ditemui,” ungkap Totok.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video