​Tanam Beringin Putih di Petrokimia Gresik, Gubernur Khofifah: Stok Pupuk Aman | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Tanam Beringin Putih di Petrokimia Gresik, Gubernur Khofifah: Stok Pupuk Aman

Editor: MMA
Kamis, 17 September 2020 22:59 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat kunjungan ke PT Petrokimia Gresik, Kamis (17/9/2020). Foto: ist/bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com-Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa melakukan kunjungan ke PT Petrokimia Gresik. Kunjungan ini didasari kelangkaan di berbagai kabupaten di Jatim.

Pada kunjungan ke salah satu BUMN yang bergerak di bidang buatan ini, Gubernur ingin cek stok kecukupan di Petro Kimia yang disediakan untuk petani di Jatim. Ia mengharapkan mendapat solusi atas permasalahan yang dikeluhkan para petani Jawa Timur. Secara umum stok aman tetapi butuh tambahan kuota bersubsidi.

"Kita mencoba mencari solusi apa yang saya dengar, apa yang saya lihat di lapangan terkait pemenuhan kebutuhan jelang musim tanam Oktober bulan depan," Kata Gubernur saat melakukan kunjungan kerja di Petrokimia Gresik, Kamis (17/9) sore.

Gubernur mengungkapkan bahwa sebelumnya telah melakukan koordinasi-koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi petani. Diantaranya dengan Irjend Kementan , berbagai Gapoktan serta PLMDH atau Perhimpunan Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

"Sebetulnya Minggu yang lalu kami sudah koordinasi dengan pak Dirut dan seluruh jajaran direksi PT. Petrokimia Gresik, kemudian kita juga koordinasi dengn Irjen Kementan, saya juga melakukan koordinasi dengan Gapoktan dan PLMDH," ungkapnya.

Gubernur menyampaikan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi para petani adalah kekurangan suplai , ketidaksesuaian antara kebutuhan mereka dengan suplai yang mereka terima. Oleh karena itu Gubernur meminta ada sinkronisasi antara kebutuhan petani dan suplai sesuai e- RDKK.

"Kita mengharapkan PT. Petrokimia Gresik membantu proses sinkronisasi dengan HIMBARA, PEMKAB dan KEMENTAN dari kebutuhan para petani, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan riil para petani di lapangan. Hal ini sebenarnya bukan tugas PT. Petro Kimia, tetapi sebagai BUMN yang memproduksi , sinkronisasi data dan peta tentu ter-update," harapnya.

Gubernur menegaskan bahwa ketika mekanisme sudah sesuai maka seyogyanya distribusi tersalurkan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Sementara itu, alokasi subsidi oleh pemerintah di tetapkan berdasarkan usulan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) yang disusun oleh kelompok tani didampingi petugas PPL (penyuluh pertanian lapangan) di lokasi masing-masing.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video