Razia Protokol Kesehatan, Puluhan Pengendara Didenda Rp 150 Ribu, Ada yang Sampai Pingsan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Razia Protokol Kesehatan, Puluhan Pengendara Didenda Rp 150 Ribu, Ada yang Sampai Pingsan

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Catur Andy
Senin, 14 September 2020 13:07 WIB

Pria berjaket hitam-kuning saat dihentikan petugas karena tidak memakai masker. Ia langsung disidang dan dikenakan denda Rp 200 ribu hingga pingsan di depan hakim.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Razia kembali digelar petugas gabungan di Pos Lantas Waru , Senin (14/9). Bagi yang melanggar akan langsung menjalani sidang di tempat dan didenda Rp 150 ribu subsider tiga hari.

Penerapan sanksi tegas bagi pelanggar ini sesuai Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 tahun 2020. Perda ini adalah perubahan Perda Provinsi Jatim Nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat. Dalam pasal 27 C perda tersebut, pelanggar perorangan dikenai denda maksimal Rp 500 ribu, sementara untuk perusahaan maksimal Rp 100 juta.

"Karena ini masih hari pertama, denda yang dikenakan Rp 150 ribu. Namun kalau melanggar lagi, akan dilipatkan dendanya," cetus Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Achmad Zaini.

Saat razia baru berlangsung beberapa menit, ada belasan orang yang terjaring. Mereka ada yang naik motor, angkutan umum, hingga mobil pribadi.

Mereka rata-rata didenda Rp 150 ribu subsider tiga hari. Pada pelanggar yang menjalani sidang di tempat itu harus membayar uang denda hari itu juga. Apabila tidak bisa membayar, maka harus menjalani kurungan tiga hari.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video