​SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Jadi Kebun Pisang Cavendish | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Jadi Kebun Pisang Cavendish

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Kamis, 10 September 2020 15:25 WIB

Wihadi, Petani Green Belt Binaan SIG di lahan kebun pisang. (foto: ist.)

JAKARTA, BANGSAONLINE.com (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik Tuban di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak menjadi area perkebunan pisang cavendish.

Lahan seluas 2 hektare tersebut, sejak April 2019 ditanami sebanyak 3.000 pohon pisang cavendish, dikelola oleh 17 petani yang tergabung dalam Koperasi Petani Green Belt SIG. Kini, hasilnya telah dirasakan oleh Kelompok Petani Green Belt SIG.

Wihadi, salah satu petani green belt asal Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Tuban mengatakan bahwa sejak ditanam hingga saat ini dirinya beserta petani green belt telah melakukan 10 kali panen.

Setiap panen mampu menghasilkan 100 tandan pisang senilai Rp 5 juta. Pisang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Tuban dan pemesanan dari luar kota.

Wihadi menambahkan, program perkebunan pisang cavendish ini sangat bermanfaat bagi petani green belt, karena dapat menambah penghasilan keluarga. "Saat ini pisang yang kami budidaya telah rutin berbuah, perawatannya pun mudah," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video