Sepekan Diterjang Ombak, Plengsengan Penahan Abrasi di Bulujowo Tuban Jebol

Editor: Revol
Wartawan: Suwandi
Kamis, 22 Januari 2015 16:27 WIB

JEBOL: Plengsengan di desa Bulujowo yang jebol karena diterjang ombak. (Suwandi/BangsaOnline)

TUBAN (BangsaOnline) - Sepekan diterjang ombak laut jawa, plengsengan penahan abrasi di Desa Bulujowo, Kecamatan Bancar, Tuban jebol, kamis (22/1)

Pantauan BangsaOnline dilapangan, plengsengan yang dibangun sekitar dua tahun silam itu jebolnya sekitar 5 meter. Jika dibiarkan terus menerus diperkirakan jebolnya akan bertambah lebar. Pasalnya, selain terhempas besarnya kekuatan ombak diduga kualitas bangunannya juga jelek.

“Setiap hari jebolnya semakin bertambah lebar, karena terus diterjang ombak berkekuatan besar,” ungkap Zaenal (21) warga setempat ketika ditemui BangaOnline.

Menurutnya, jebolnya plengsengan yang memiki panjang kurang lebih 3 kilometer itu diduga karena kualitas bangunannya yang jelek. Bahkan terlihat asal-asalan, buktinya baru sekitar dua tahun dibangun plengsengan tersebut sudah jebol. Diperkirakan jebolnya plensengan itu akan bertambah lebar, sebab melihat cuaca buruk saat ini yang terjadi di laut jawa.

“Jika tidak segera dibenahi kemungkinan plengsengan itu jebolnya akan semakin lebar, karena besarnya ombak air laut saat ini bisa terjadi beberapa minggu ke depan,” terangnya.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban, Ir. Choliq Qunaisih ketika dikonfirmasi mengenai jebolnya plengsengan tersebut belum dapat menanggapi hal tersebut. Selain itu, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pemkab setempat.