Sistro Petrokimia Jamin Kelancaran Distribusi Pupuk Subsidi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sistro Petrokimia Jamin Kelancaran Distribusi Pupuk Subsidi

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Senin, 17 Agustus 2020 11:19 WIB

Pegawai Petrokimia bagian packing saat menyiapkan stok pupuk subsidi. foto ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia terus berinovasi dalam mendukung pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional. Utamanya, dalam hal menjamin kelancaran distribusi pupuk bersubsidi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengungkapkan bahwa, dukungan tersebut salah satunya diwujudkan melalui program inovatif Sistro atau Sistem Scheduling Truck Online.

Saat ini, memiliki kurang lebih 70 rekanan transportasi darat, dengan total armada sekitar 10.000 truk untuk wilayah Jawa-Bali. Sedangkan rata-rata pengeluaran total pupuk per hari sebesar 10.000 ton atau setara 400 truk dengan jumlah titik muat hanya 7 gudang.

"Jika jadwal muat pupuk ini tidak tersistem dengan baik, maka akan terjadi antrean yang panjang, dan distribusi pupuk ke petani pun bisa terkendala. Saat ini Petrokimia Gresik berhasil menghilangkan potensi masalah tersebut melalui Sistro," ujar Rahmad.

Sistro merupakan sistem penjadwalan truk secara online (aplikasi berbasis web) dengan menyinkronkan antara kedatangan truk, kemampuan muat, dan kapasitas produksi pabrik.

Rahmad menjelaskan, sebelum ada Sistro, semua proses order truk ke rekanan untuk distribusi pupuk ke Gudang Penyangga Jawa-Bali masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mengirimkan Purchase Order (PO) melalui email dan di-follow up lebih lanjut melalui telepon.

Dengan cara manual, rata-rata 1 truk menginap di gudang selama 2 hingga 3 hari. Transportir tidak memiliki kepastian muatan dan akhirnya antre selama berhari-hari. "Sedangkan setelah ada Sistro, satu truk maksimal hanya menginap satu hari," terang Rahmad.

Aplikasi Sistro sendiri terinspirasi dari konsep pemesanan tiket pesawat online. Pihak maskapai membuka jadwal penerbangan, kemudian calon penumpang dalam hal ini, transportir melakukan booking sesuai tanggal dan shift yang telah dialokasikan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Petrokimia Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video