​Masifkan Senam Pernapasan, Pemkot Surabaya Siap Latih Calon Instruktur dari Puskesmas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Masifkan Senam Pernapasan, Pemkot Surabaya Siap Latih Calon Instruktur dari Puskesmas

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Kamis, 13 Agustus 2020 18:53 WIB

Para instruktur dari PDPI saat memimpin senam pernapasan di Taman Keputih dan PUPR. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) rutin menggelar senam pernapasan. Bahkan, untuk memasifkan kegiatan ini, PDPI bakal melatih 10 calon instruktur senam dari puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, senam pernapasan yang digelar setiap hari Sabtu di Taman Harmoni dan Taman PUPR, Jalan Keputih Kecamatan Sukolilo itu diperuntukkan bagi warga yang sudah sembuh dari Covid-19.

“Untuk saat ini kami menggelarnya di dua taman tersebut. Masing-masing taman kapasitasnya 75 orang. Jadi totalnya 150 orang,” kata feny-sapaan Febria Rachmanita di Dapur Umum Balai Kota Surabaya, Kamis (13/8/2020).

Supaya pelaksanaan senam pernapasan di Surabaya ini bisa berjalan masif, lanjut Feny, PDPI juga bakal melatih 10 calon instruktur senam dari perwakilan puskesmas dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya. Menurutnya, hal itu penting dilakukan supaya senam pernapasan dapat digelar di berbagai titik wilayah Kota Surabaya.

“Kalau untuk puskesmas itu sebenarnya kami punya yang namanya PJ (penanggung jawab) olahraga. Mereka yang secara khusus dilatih. Dari situ PJ olahraga dapat menularkan atau mengajarkan kepada puskesmas lainnya. Yang jelas mereka bisa memimpin senam pernapasan di puskesmas wilayahnya,” papar dia.

Feny menjelaskan, ketika para calon instruktur dari puskesmas dan Dispora itu sudah mahir atas bimbingan PDPI, harapannya ke depan lokasi senam dapat tersebar di berbagai titik. Misalnya, Surabaya Barat, Timur, dan Utara secara bersamaan menggelar senam pernapasan. Selain itu pula, calon instruktur senam ini nantinya yang akan menyalurkan ilmu tersebut kepada rekan-rekannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video