Terima Pasien Luar Kota, RS Rujukan dan Satelit Covid-19 Kota Batu Terancam Over Kapasitas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terima Pasien Luar Kota, RS Rujukan dan Satelit Covid-19 Kota Batu Terancam Over Kapasitas

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 13 Agustus 2020 17:28 WIB

Ilustrasi

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rumah sakit rujukan utama pasien Covid-19 di , yakni RS Karsa Husada serta RS Satelit Covid-19 (RS Hasta Brata dan RS Baptis) dinilai Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Komisariat Cabang Malang Raya bisa over kapasitas bila jumlah pasien Covid-19 terus bertambah.

Apalagi, ketiga RS tersebut juga menerima rujukan pasien lain dari luar kota seperti dari Surabaya, Sidoarjo, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan dari daerah lainnya.

"Jika pasien Covid-19 terus bertambah, tidak menutup kemungkinan RS di bisa over kapasitas. Ini terjadi karena yang dirawat tidak hanya dari Batu saja, tetapi juga pasien rujukan dari luar ," ujar dr. Susana Indahwati, Ketua IDI Komisariat Cabang Malang Raya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Kamis (13/8/2020).

Salah satu upaya mengantisipasi over kapasitas ini, Dinkes telah melaksanakan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jatim dan rumah sakit daerah lain seperti di Kota Malang, Kabupaten Malang, Kediri, Blitar, dan Tulungagung.

"Selain terus menggalakkan sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan 4M kepada masyarakat, hal yang dilakukan Dinkes yakni terus melaksanakan koordinasi terkait rujukan pasien dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan rumah sakit rumah sakit daerah lain seperti di Malang Kota, Kabupaten Malang, Kediri, Blitar, dan Tulungagung," ucap dr. Susana yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kota Batu covid batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video