Pertama di Indonesia, PLTSa TPA Benowo Siap Hasilkan Listrik 12 Megawatt per Hari | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Pertama di Indonesia, PLTSa TPA Benowo Siap Hasilkan Listrik 12 Megawatt per Hari

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 12 Agustus 2020 21:36 WIB

Wali Kota Risma saat meninjau PLTSa TPA Benowo. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tidak lama lagi, Kota segera memiliki unit Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang terbesar dan pertama di Indonesia, yakni PLTSa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

PLTSa TPA Benowo merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) dengan PT Sumber Organik (SO) yang menggunakan teknologi Gasifikasi Power Plant. Dari teknologi gasifikasi itu mampu menghasilkan listrik 12 megawatt melalui pengolahan sampah 1.000 ton per hari.

Wali Kota , Tri Rismaharini mengatakan, saat ini pembangunan fisik PLTSa Benowo mencapai 100 persen. Tinggal menunggu datangnya ahli untuk memantau tahapan commissioning atau pengujian dengan melakukan pengecekan apakah sistem itu sudah berjalan dengan baik. Jika PLTSa ini resmi beroperasi, maka sampah di dapat berkurang 1.000 ton per hari.

"Dia (ahli) sebenarnya sudah (datang) bulan Februari. Karena ada Covid-19, jadi tidak bisa ke sini. Rencana tanggal 18 (Agustus) dia berangkat dari Beijing untuk ke sini. Kalau itu sudah selesai sudah bisa dioperasionalkan," kata Wali Kota Risma, Rabu (12/8/2020).

Wali kota perempuan pertama di ini menjelaskan, dari 12 megawatt yang dihasilkan PLTSa Benowo itu, nantinya yang akan dijual kepada PLN sebanyak 9 megawatt. Sedangkan 2 megawatt dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan operasional dan sisa 1 megawatt redundant.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video