​Ajak Ibu-Ibu, Kapolda Jatim Luncurkan Gerakan Jatim Bermasker

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Kamis, 06 Agustus 2020 20:18 WIB

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat memberikan masker kepada ibu-ibu, Kamis (6/8/2020). (foto: ist).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si., menghadiri Launching Jatim Bermasker di wilayah Kampung Tangguh Semeru di Griya Abadi Bangkalan, Kamis (6/8/2020).

Launching Jatim Bermasker ini, dilakukannya dengan harapan seluruh masyarakat yang ada di wilayah Jawa Timur, dapat memiliki kesadaran penuh dalam menggunakan masker untuk menghindari bahaya penyebaran Covid-19.

Uniknya, Fadil sapaan akrab Kapolda Jatim, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembagian masker ini ditujukan kepada para ibu-ibu, seperti halnya ibu-ibu PKK, Persit, Bhayangkari, serta ibu-ibu dari Muslimat NU, dan Karang Taruna setempat.

"Pada Launching Jatim Bermasker ini, saya berharap kepada ibu-ibu PKK, Persit, Bhayangkari, serta Muslimat NU dan karang taruna dapat menjadi ujung tombak dari pembagian masker berbasis kampung tangguh yang melibatkan ibu-ibu ini," jelasnya saat memberikan sambutan, Kamis (6/8/2020).

Menurut Fadil, terpilihnya ibu-ibu ini telah sesuai dengan arahan dari Presiden RI, yang mana ibu-ibu merupakan sosok yang paling didengar oleh pihak keluarga saat berada di rumah.

"Boleh kepala keluarganya bapak-bapak, tapi komandannya pasti ibu-ibu. Jadi kalau ada bapak atau anak yang tidak menggunakan masker, maka ibunya yang lemah," ujarnya sambil tersenyum.

Oleh sebab itu, ia meminta para ibu-ibu dalam mendistribusikan masker untuk dapat dilakukan secara door to door kepada masyarakat.

"Jadi ibu-ibu ini sebagai garda terdepan dalam keluarga. Kalau ada anggota keluarga yang melanggar, silakan dijewer agar lebih disiplin. Mari jaga dan lindungi anak dan suami agar tidak membawa penyakit ke rumah setelah berkegiatan di luar rumah," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra mengaku, siap bersinergi dengan Bupati Bangkalan dan Forkopimda terkait pelaksanaan Gerakan Jatim Bermasker di wilayah Kabupaten Bangkalan.

"Untuk pembagian di area Kampung Tangguh Semeru di Griya Abadi ini, kami bagikan 1.000 masker. Kemudian akan dilanjutkan pembagiannya melalui ibu-ibu PKK secara door to door," jelasnya.

"Kemudian sebagai wujud komitmen kami, saat ini Bangkalan telah memesan sebanyak 500 ribu masker yang akan disebar merata di setiap wilayah hingga pelosok. Jadi dalam 2 pekan ke depan, kita akan gencar sosialisasikan Gerakan Jatim Bermasker kepada masyarakat dengan bekerja sama dengan ibu-ibu dalam pendistribusiannya," sambungnya.

Wakil Bupati Bangkalan, Mohni menyatakan bahwa pemkab akan terus mendukung kegiatan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bangkalan.

Menurutnya, hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 dapat dicegah.

"Terpenting, upaya kesadaran dari masyarakat untuk disiplin jaga jarak, masker, dan rajin cuci tangan. Dengan harapan, Bangkalan segera menuju zona hijau dan terbebas dari Covid-19," pungkasnya. (ida/uzi/zar)