​Presiden: Pilkada Serentak Harus Luber, Jurdil, dan Aman dari Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Presiden: Pilkada Serentak Harus Luber, Jurdil, dan Aman dari Covid-19

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 05 Agustus 2020 21:39 WIB

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai persiapan pelaksanaan pilkada serentak di Istana Merdeka, Jakarta. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang harus berjalan secara demokratis, luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur, adil). Namun, di tengah situasi pandemi seperti saat ini, keselamatan dan keamanan dari Covid-19 juga harus menjadi perhatian utama.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai persiapan pelaksanaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (5/8/2020).

"Ada dua hal yang menjadi penekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan aman Covid sehingga aspek kesehatan, keselamatan, petugas, peserta, dan pemilih harus menjadi prioritas," ujar presiden dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Presiden menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan harus konsisten diterapkan untuk mencegah munculnya klaster penularan baru di saat tersebut.

Penyelenggaraan pemilihan umum di tingkat pandemi baik tingkat lokal maupun nasional juga diselenggarakan di sejumlah negara seperti Singapura, Jerman, Prancis, hingga Korea Selatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video