Begini ​Ikhtiar PWNU Jatim Menjaga Kerukunan Umat Antar Agama di Malang Selatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini ​Ikhtiar PWNU Jatim Menjaga Kerukunan Umat Antar Agama di Malang Selatan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 03 Agustus 2020 18:58 WIB

Bakti sosial yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur di Dusun Krajan, Kabupaten Malang. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sudah bertahun-tahun warga muslim hidup sebagai minoritas di Dusun Krajan, Desa Suwaru, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Menurut Wawan, Pengurus Takmir Mushala Al-Ikhlas di dusun itu, warga muslimnya hanya sekitar lima persen dari total 1.000-an kepala keluarga.

Namun, lanjut Wawan, selama ini semua warga hidup berdampingan secara harmonis dan saling menghormati. Namun belakangan ada sedikit masalah yang berpotensi menimbulkan konflik antar agama.

Untuk itulah, Nahdlatul Ulama hadir untuk menguatkan kembali kerukunan warga setempat. Di antaranya dengan memberikan pendampingan bantuan hukum dan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur.

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada PWNU Jawa Timur yang peduli pada warga di sini. Semoga program seperti ini bisa ditindaklanjuti untuk menguatkan warga muslim yang memang minoritas," kata Ketua MWC NU Pagelaran, H. Rohawi, S.Ag, sesuai keterangan tertulis, Senin (3/8).

Menurut Ketua PW LDNU Jatim, KH. Ilhamullah Sumarkhan, baksos kali ini dilakukan dengan menyembelih 5 ekor kambing kurban, membagikan 100 paket sembako, pakaian layak, dan sejumlah Mushaf Al-Qur'an.

"Kami tidak membeda-bedakan muslim dan non muslim. Untuk paket sembako dan pakaian, semua warga yang berada di sekitar mushola dapat bagian. Termasuk anak-anak yang kami bawakan kaos baru, amanah dari donatur di Surabaya," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video