Klaster Moge Covid-19 Ditemukan Usai Perluas Jangkauan Tracing Mobilisasi Klaster Gowes​

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Kamis, 30 Juli 2020 15:29 WIB

Peta data sebaran kasus Covid-19 Kabupaten Blitar. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar kembali menemukan klaster baru penularan Covid-19. Klaster ini dinamakan Klaster Moge (Motor Gede) karena berasal dari sebuah klub moge.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, Klaster Moge ditemukan usai pihaknya memperluas jangkauan tracing dari Klaster Gowes yang menulari puluhan tenaga kesehatan di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

"Itu dari Klaster Gowes kemudian kita perluas tracing-nya. Nah, kemudian ditemukan ada 49 orang kontak erat dengan salah satu kasus positif di Klaster Gowes yang juga ikut klub moge. Mereka ini berkumpul di lokasi wisata Puncak Langit, di Resapombo, Kecamatan Doko. Selain dari anggota klub moge, ada juga kelompok kesenian tradisional yang sedang latihan nyanyi di sana," ujar Krisna, Kamis (30/7/2020).

Dari 49 orang kontak erat setelah dilakukan swab test, ditemukan 9 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka semua merupakan kasus konfirmasi tanpa gejala.

"Semua tanpa gejala kemudian kami rekomendasikan untuk isolasi di tempat yang disediakan Pemkab Blitar di Kecamatan Garum," ujar Krisna.

Jumlah kasus kumulatif terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 171. Dengan rincian, 78 sembuh, 84 diobservasi, dan 12 meninggal dunia. (ina/zar)