Dorong Pemulihan Ekonomi, Gubernur Minta Bupati/Wali Kota Maksimalkan Serapan Belanja APBD 2020 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dorong Pemulihan Ekonomi, Gubernur Minta Bupati/Wali Kota Maksimalkan Serapan Belanja APBD 2020

Editor: Tim
Selasa, 28 Juli 2020 23:13 WIB

Pemprov Jatim menggelar rakor penyerapan anggaran dan pemulihan ekonomi tahun 2020 di Surabaya, Senin (27/7) siang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Penyerapan Anggaran dan Pemulihan Ekonomi Tahun 2020 Pada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (27/7) siang.

Dalam rakor tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong bupati dan wali kota tak lagi menahan anggaran belanja APBD guna memaksimalkan pemulihan ekonomi Jawa Timur.

Namun, ia tetap berpesan bahwa pemulihan ekonomi harus tetap beriringan dengan pengendalian penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

“Pada situasi sekarang kita harus bisa memaksimalkan realisasi anggaran, utamanya untuk mendorong sektor UMKM di lingkungan kabupaten/kota di mana bupati/wali kota menjadi komandannya. Tapi gas dan rem harus benar-benar diatur agar kedua upaya ini bisa berjalan beriringan,” kata Gubernur Khofifah dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE, Selasa, (28/7/2020).

Dalam rakor ini hadir bupati/wali kota se-Jatim, serta sekda dan inspektorat kabupaten/kota. Selain itu, turut hadir pada kegiatan tersebut, antara lain Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua DPRD Jatim, Kajati Jatim, Kasdam V/ Brawijaya, Wakapolda Jatim, Kepala Perwakilan (Kalan) BPK RI Jatim, Kepala BPKP, dan Sekdaprov Jatim.

Khofifah menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yaitu mendorong sektor UMKM, pertanian, peternakan dan perikanan. Ini penting, karena sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Jatim.

Untuk itu, Khofifah meminta kepada bupati/wali kota se-Jatim untuk memaksimalkan realisasi anggaran guna mendorong UMKM agar bisa tetap survive dan dapat menggerakkan roda ekonomi di tengah krisis ekonomi agar bisa terungkit.

“Kepada para bupati/wali kota kami minta supaya bisa terbangun sinergitas. Apalagi, sesuai arahan Bapak Presiden harus diperhatikan kapan gas dan rem dijalankan. Perlindungan kesehatan masyarakat tetap diprioritaskan, sementara pergerakan ekonomi sudah harus digerakkan. Keseimbangan antara pengendalian Covid dan pemulihan harus di dalam keberseiringan,” tandasnya.

KPK Puji Realisasi PAD Jatim yang Progresif di Tengah Pandemi

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video