Kurangi Dampak Pandemi, LAZISNU Sidoarjo Gelar Pelatihan Pembuatan Nata de Coco

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Minggu, 26 Juli 2020 21:03 WIB

PELATIHAN: Pemateri mempraktikkan cara membuat nata de coco. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar Pelatihan Kewirausahaan Nata de Coco di gedung SMA Islam Sidoarjo, Jl Pahlawan III, Minggu (26/7).

Pelatihan yang bekerja sama dengan Green Icon Indonesia dan SMA Islam Sidoarjo ini, diharapkan mampu membantu warga yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Pelatihan disampaikan oleh pelaku usaha nata de coco yang memiliki mitra binaan di sejumlah kabupaten dan kota di Jatim.

Pelatihan ini diikuti oleh 120 peserta. Mereka berasal dari UMKM mitra binaan NU Care-LAZISNU Sidoarjo. Ada juga buruh pabrik yang kena PHK. Juga beberapa pelaku UMKM yang usahanya terpuruk akibat pandemi. Beberapa peserta juga wali murid SMA Islam Sidoarjo.

Sekretaris LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, Chasib Hizbullah menjelaskan, pelatihan kewirausahaan nata de coco ini langkah nyata untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19. Akibat pandemi Covid-19, banyak buruh kena PHK. Sejumlah jenis UMKM omzetnya merosot.

Kata Chasib, dengan pelatihan kewirausahaan ini, nantinya alumni pelatihan bisa membuka usaha pembuatan nata de coco. LAZISNU Sidoarjo bakal mendampingi peserta sampai bisa memproduksi secara mandiri. "Setelah pelatihan, nanti akan dibentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB)," beber Chasib.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video