​Lama Tidak Terpakai, Gedung SMA di Bojonegoro Jadi Rumah Ribuan Kelelawar

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Jumat, 24 Juli 2020 18:05 WIB

Salah satu ruangan yang dihuni kelelawar. (foto: ist).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Gedung SMA Islam Temayang, Kabupaten Bojonegoro ternyata sudah menjadi rumah bagi ribuan kelelawar setelah tidak adanya aktivitas selama pandemi Covid-19.

Keberadaan hewan malam itu pun sangat mengganggu. Pasalnya, tinjanya terlihat menempel di lantai. Sedangkan, baunya tak sedap dan sulit dibersihkan.

"Sangat mengganggu. Kemarin tinja kelelawar sudah dibersihkan dan dapat 3 karung," ujar Petugas Keamanan SMA Islam Temayang, Suprianto (29) saat ditemui, Jumat (24/7/2020).

Kata dia, ribuan kelelawar tersebut menghuni di 8 ruang, yakni Ruang Kelas VII B, VIII B, dan VIII C, Ruang Osis, VII A, Kantor SMA Islam, dan Kantor SMP Islam, serta Ruang Guru. Karena tak membuat rasa nyaman, kemudian pihak sekolah meminta bantuan Dinas Damkar setempat untuk mengusir hewan tersebut.

"Kami minta bantuan pada Damkar agar mengusir kelelawar itu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Bojonegoro, Teguh Aris menyampaikan, sebanyak 5 anggota telah diterjunkan untuk mengusir hewan pengganggu tersebut. Setelah 3 jam lebih, akhirnya petugas berhasil mengusir ribuan kelelawar. Lalu supaya kelelawar tidak kembali, untuk sementara diberi ranting pohon yang berduri.

"Sudah kami usir, agar tidak kembali maka kami beri ranting berduri," pungkasnya. (wan/zar)