​SIG Manfaatkan Sampah di Kabupaten Cilacap Sebagai Bahan Bakar Alternatif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​SIG Manfaatkan Sampah di Kabupaten Cilacap Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Selasa, 21 Juli 2020 15:53 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan (tengah berbaju putih) saat menekan tombol tanda peresmian operasional pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif (Refuse Derived Fuel). (foto: ist).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) memanfaatkan sampah perkotaan di fasilitas yang berada di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten sebagai bahan bakar alternatif dalam pembuatan semen di Pabrik SBI .

Peresmian operasionalisasi pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau Refuse Derived Fuel (RDF), dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, Menteri ESDM RI Arifin Tasrif, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yassin Maimoen, Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Direktur Produksi SIG Benny Wendry, dan Direktur Utama SBI Aulia Mulki Oemar, Selasa (21/7/2020).

Direktur Produksi SIG, Benny Wendry mengatakan bahwa pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan solusi untuk pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik.

"Refuse Derived Fuel (RDF) merupakan hasil dari sampah domestik yang diolah dengan metode biodrying untuk dijadikan energi terbarukan dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Pemanfaatan sampah tersebut mampu menyubstitusi penggunaan batu bara menjadi bahan bakar hingga 3 persen substitusi energi panas (thermal substitution rate)," katanya.

Saat ini, kata dia, sampah terus bertambah tiap hari dan menjadi masalah besar di beberapa daerah termasuk Kabupaten . "Hal ini yang memberikan dorongan bagi kami untuk memanfaatkan sampah yang semula tidak bernilai menjadi energi alternatif pengganti batu bara," jelas Benny Wendry.

Lebih lanjut, Benny Wendry menjelaskan bahwa pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan inovasi perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video