Gelar Sidak, Pansus RTRW DPRD Sidoarjo Temukan Lahan TKD Diusulkan Jadi Perumahan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Sidak, Pansus RTRW DPRD Sidoarjo Temukan Lahan TKD Diusulkan Jadi Perumahan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Senin, 13 Juli 2020 08:15 WIB

SIDAK LAHAN: Ketua Pansus RTRW Tarkit Erdianto (tengah) mengunjungi lahan di Desa Kedungsolo, Porong, yang diusulkan menjadi zona kuning, Sabtu (11/7). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Panitia Khusus (Pansus) Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) menemukan lahan diduga berstatus Tanah Kas Desa (TKD) diusulkan untuk berubah menjadi zona kuning (peruntukan perumahan atau permukiman).

Temuan itu diperoleh saat Pansus RTRW menggelar sidak ke sejumlah lahan yang diusulkan menjadi zona kuning dalam Draf Raperda RTRW, di sejumlah desa di Kecamatan Porong, Sabtu (11/7). "Kami kaget, setelah dicek di lokasi dan berdasarkan peta desa, status lahan yang mau dikuningkan itu ternyata TKD," cetus Ketua Pansus RTRW, Tarkit Erdianto, Minggu (12/7).

Kata Tarkit, lahan berstatus TKD ini ada di beberapa blok bidang di Desa Kedungsolo Porong. Luasnya ada yang tiga hektare. Ada juga dua hektare. Tarkit menyebut, lahan TKD itu bahkan ada yang masih berupa sawah. "Di dalam blok-blok itu ada TKD. Ya nggak mungkinlah," ucap politikus PDI-P ini dengan nada heran.

Apa sikap Pansus RTRW adanya lahan diduga TKD diusulkan menjadi kuning ini? Tarkit menyatakan pihaknya bakal menindaklanjutinya dengan serius temuan tersebut. Dia segera membahasnya di dalam rapat internal Pansus RTRW dan selanjutnya akan diklarifikasi ke pihak pengusul Raperda RTRW, yakni .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video