Dilantik Pj Sekda Gresik 3 Bulan, Abimanyu Siapkan Sekda Definitif

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Rabu, 08 Juli 2020 18:30 WIB

Bupati Sambari ketika melantik Pj Sekda Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melantik dan mengambil sumpah jabatan Drs. Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno, M.M. sebagai Penjabat (Pj) Sekda Gresik, di ruang Mandala Bhakti Praja, Rabu (8/7).

Ia akan menggantikan posisi Pj Sekda Nadlif selama 3 bulan, setelah Nadlif tak bisa diperpanjang lagi kerena terbentur persyaratan.

Sebelum melantik, Bupati Sambari melontarkan beberapa pertanyaan yang tidak biasa. "Sebelum saya lantik saudara menjadi Penjabat Sekda Gresik, apakah saudara bersedia melakukan rapid test?," tanya bupati yang seketika dijawab oleh Abimanyu bersedia dan sudah melaksanakan rapid test.

"Kapan dan hasilnya?," sambung bupati melanjutkan pertanyaan. "Empat jam yang lalu dan hasilnya non reaktif," jawab Abimanyu.

Bupati mengungkapkan bahwa pertanyaan tersebut tidak biasa. Hal ini karena suasana saat ini adalah suasana yang tidak biasa. "Sanggupkah saudara tidak marah atas pertanyaan-pertanyaan saya itu?," tanya bupati lagi meneruskan.

Kemudian, bupati bertanya lagi tentang kesanggupan melaksanakan tugas di Gresik dengan keadaan dalam suasana pandemi Covid-19 yang menurut bupati serba sulit. 

"Apakah saudara mengikuti perkembangan Gresik dan mempelajari tentang Gresik?," tanya Sambari kemudian dijawab Abimanyu sudah mempelajari sebagian tentang Gresik dan keadaan Gresik saat pandemi Covid-19.

Ia berharap Penjabat Sekda Gresik yang baru sudah mempersiapkan inovasi. "Kami mohon, saudara Pj Sekda mempersiapkan langkah-langkah dalam penanggulangan Covid-19 di Gresik. Saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Gresik sudah mencapai 969, 133 sembuh dan 94 meninggal dunia. Saya harap Pj Sekda membantu dengan serius menangani Covid-19 di Gresik," pinta Sambari.

Bupati meminta kesanggupan Pj Sekda tinggal di rumah dinas (rumdis) Sekda dan sanggup menerima fasilitas yang ada.

Sementara Abimanyu mengatakan bahwa penunjukan sebagai Penjabat Sekda Gresik ini sejatinya baru diketahui Rabu (8/7) pagi. Saat tengah berolahraga pagi dengan gubernur, dia ditanya soal kapan berangkat ke Gresik. "Saya kira saya mau ditugaskan apa di Gresik, ternyata pada siangnya sudah ada SK penunjukan saya sebagai Penjabat Sekda Gresik," katanya.

Abimanyu menambahkan bahwa tugas menjadi Penjabat Sekda selama 3 bulan ini akan dilaksanakan sebaik-baiknya. "Selain melaksanakan RPJMD dan menyelesaikan APBD Gresik serta tugas lain yang diberikan Bupati, selama tiga bulan ini saya harus melaksanakan proses pemilihan Sekda definitif," pungkasnya.

Pelantikan dihadiri oleh Ketua DPRD Gresik, anggota Forkopimda Gresik, serta para kepala OPD Gresik dan Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Wahyu Ermawati yang bertindak sebagai saksi. (hud/ian)