​Intelektual Muda NU Launching Buku NU & Diplomasi Global, Peran Strategis KH Hasyim Muzadi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Intelektual Muda NU Launching Buku NU & Diplomasi Global, Peran Strategis KH Hasyim Muzadi

Editor: MMA
Rabu, 08 Juli 2020 13:30 WIB

Dr. Hariri Makmun (nomor dua dari kiri) saat soft launching buku NU dan Diplomasi Global di Restoran Aljazera Signature Jakarta. foto: ist/ bangsaonline.com.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Intelektual muda , Dr Hariri Makmun, mesoft-launching buku baru berjudul & Diplomasi Global, Peran Strategis KH. Hasyim Muzadi Sebagai Inisiator Second Track Diplomacy.

Dalam acara yang digelar di Restoran Aljazera Signature Jakarta itu hadir para tokoh muda dari Jakarta, Bogor, Banten, Bekasi, dan Depok. Antara lain: Ustadz. Bill Bakhtiar, dari Dirjen Pendis Kemenag, Ustadz Arsyad, Kasubdit Bimbingan Haji Kemenag, Ustad Mulya Rachmat, Top Leader Universitas Serang Raya (UNSERA), Andi Wirawan (Kopnus) dan lainnya.

Dalam soft launching tersebut, Hariri menyampaikan tentang poin-poin buku hasil karyanya tersebut. “Dalam pandangan Kiai Hasyim Muzadi, selama ini agama dan kelompok agama hanya dilihat sebagai sumber konflik. Padahal sebenarnya telah tumbuh pula kesadaran tentang banyaknya ruang positif yang dimainkan agama dalam konteks harmoni dan perdamaian,” tutur Hariri Makmun yang juga Direktur Rahmatan Lil-Alamin Center atau Rahmi Center dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (8/7/2020).

Menurut Kiai Hasyim, tutur Hariri, peran agama sebagai inspirasi perdamaian harus dimainkan dalam kancah politik global agar agama tidak dijadikan bahan bakar untuk menyulut konflik politik, baik konflik perebutan sumber alam maupun konflik sektarian.

“Jika selama ini agama tidak dianggap sebagai sebagai faktor penting yang mempengaruhi hubungan internasional, maka memasuki abad 21 anggapan tersebut telah bergeser. Agama justru memainkan peran penting dalam kajian hubungan internasional,” tutur Hariri mengungkap pemikiran Kiai Hasyim Muzadi yang dikenal sebagai Ketua Umum PB dua periode dan pendiri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang dan Depok Jawa Barat./

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   NU hasyim-muzadi

Berita Terkait

Bangsaonline Video