​Kiai Asep Bangun Gedung Penghafal Al-Quran, Keluarga Pondok Minta Dibongkar, Loh? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kiai Asep Bangun Gedung Penghafal Al-Quran, Keluarga Pondok Minta Dibongkar, Loh?

Editor: MMA
Selasa, 07 Juli 2020 19:02 WIB

Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag (kiri) dan KH Saifuddin (kanan). Tampak juga para santri Pondok Pesantren Amantul Quran Baraan Cepokolimo Pacet Mojokerto Jawa Timur. foto: MMA/ BANGSAONLINE.COM

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Penampilan KH. Saifuddin sangat bersahaya. Wajahnya teduh. Namun di balik kesederhanaannya itu ia justru menyimpan keikhlasan yang tinggi. Pengasuh Pondok Amanatul Quran Baraan Cepokolimo Jawa Timur itu sangat telaten membimbing ratusan santrinya untuk menghafal al-Quran.

“Nggih. Tahun ini 20 santri yang selesai menghafal Qur’an,” tutur Kiai Saifuddin kepada BANGSAONLINE.com dengan suara santun. Sebanyak 20 santri itu hafal al-Quran 30 juz. Jadi mereka para hafidz.

BANGSAONLINE.COM mengunjungi Pondok Amanatul Quran bersama Prof Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag, pengasuh Pondok Amanatul Ummah .

Hubungan Kiai Saifuddin dengan Kiai Asep Saifuddin Chalim memang sangat erat. Maklum, sejarah perkembangan Pondok Amanatul Qur’an tak lepas dari sosok Kiai Asep Saifuddin Chalim.

“Dulu namanya Tahfidzul Quran saja,” tutur Kiai Asep. Tapi setelah Kiai Asep terlibat dalam pembangunan pondok pesantren tersebut akhirnya diubah menjadi Amanatul Quran. Nama itu dinisbatkan kepada Pondok Amanatul Amanah yang didirikan dan diasuh Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Sama dengan Madrasah Hikmatul Amanah. Nama madrasah ini diberi akhiran Amanah juga karena di bawah binaan Kiai Asep Saifuddin Chalim. Lembaga pendidikan Islam yang terletak di Bendunganjati itu mengembangkan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Sejak di bawah pengelolaan Kiai Asep, Hikmatul Amanah menggratiskan semua biaya pendidikan, mulai dari SPP hingga makan dan transportasi siswa, seperti diberitakan BANGSAONLINE.COM, (Senin, 6/7/2020). Dan masih banyak lembaga dan masjid di sekitar di bawah binaan Kiai Asep.

Kini Pondok Amanatul Quran juga mengembangkan lembaga pendidikan klasikal. Padahal sebelumnya nyaris tutup karena kesulitan dana. Kiai Saifuddin lalu mengundang para tokoh di untuk menyelamatkan lembaga pendidikan yang diasuhnya. Tapi yang datang para tokoh mantan politikus.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video