Gelar Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Masjid Al Akbar akan Terapkan Sistem ID Card | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Masjid Al Akbar akan Terapkan Sistem ID Card

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 06 Juli 2020 20:12 WIB

Suasana Salat Jumat di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pelaksana Pengelola Masjid Nasional Al Akbar akan menggelar Salat Idul Adha di tengah pandemi dengan memerhatikan protokol kesehatan. Selain menerapkan Protokol Kesehatan akan menerapkan sistem ID Card.

Helmy M Noor, Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan, pelaksanaan Salat Idul Adha akan menerapkan sembilan ketentuan.

“Kapasitas mencapai 40 ribu Jama'ah. Mengingat penerapan protokol kesehatan yang ketat dan nyaman, maka Jama'ah Sholat Idul Adha dibatasi maksimal 5 ribu jamaah dengan ketentuan 2.691 jama'ah aki-laki dan 2309 jama'ah perempuan,” kata Helmy usai menggelar rapat Badan Pelaksana Pengelola MAS, Senin (6/7).

Ketentuan jumlah jamaah laki-laki dan perempuan ini sudah diperhitungkan mulai dari shaf salat hingga kapasitas masjid. Untuk menjaga itu, MAS menerapkan pembatasan dengan sistem pendaftaran kemudian akan mendapatkan ID Card Salat Idul Adha.

“Untuk mendapatkan ID Card Sholat Idul Adha, masyarakat melakukan pendaftaran online melalui website mulai tanggal 03 Juli 2020 dan sewaktu-waktu akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi,” tuturnya.

Selain di website, jamaah juga daftar melalui link untuk jama'ah laki-laki https://s.id/daftarshalatiduladhamasLK, sedangkan untuk jama'ah perempuan https://s.id/daftarshalatiduladhamasPR.

“Kenapa link ini kami pisah, agar kami mudah mengontrol antara jamaah laki-laki dan jamaah perempuan, maka dari itu dimohon untuk tidak salah/keliru dalam mengisi formulir tersebut,” sambungnya.

Untuk tahap selanjutnya setelah dilakukan verifikasi melalui website resmi masjidalakbar.co.id, para jamaah akan mendapatkan nomor kuota jamaah yang tercantum pada ID Card.

“Para Jamaah bisa melihat langsung dengan mengakses web kami,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video