​Protes Masalah Bansos, Seorang Warga di Jombang Demo Turun ke Jalan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Protes Masalah Bansos, Seorang Warga di Jombang Demo Turun ke Jalan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Senin, 06 Juli 2020 15:18 WIB

Warga Desa Bandung Kencur saat protes bansos Covid-19.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Seorang warga di Kabupaten , nekat lakukan demo turun ke jalan seorang diri guna memprotes pembagian bantuan sosial (bansos) yang ditujukan bagi warga yang terdampak Covid-19.

Dia adalah Zainuri (50), warga dari Dusun Sugihwaras, Desa Bandung Kencur, Kecamatan Diwek. Sambil berjalan, dirinya menyampaikan keluhannya dengan membawa poster yang dipampang di tubuhnya berisi protes pada pihak pemerintah desa (pemdes) setempat.

Laki-laki paruh baya yang tiap harinya berprofesi sebagai tukang pijat tersebut, mengeluhkan lambatnya pendataan bansos Covid-19 yang bersumber dari APBD Provinsi Jatim. Dia juga mengeluhkan kinerja perangkat desa setempat.

“Kalau jadi perangkat jadilah perangkat yang benar-benar tahu. Seperti pembagian ini harus real. Paling tidak dari RT ada sosialisasi. Saya dari awal tidak pernah dimintai Kartu Keluarga (KK),” ucap Zainuri, Senin (6/7/2020).

Meski melakukan protes, Zainuri tetap mengambil uang bansos tersebut. Bahkan, uang bansos yang nominalnya 200 ribu rupiah itu, rencananya akan diberikan pada pemuda desa setempat.

“Kemarin istri saya yang bilang jika uangnya diambil buat liwetan (makan-makan, red) anak-anak yang di warung. Rencananya habis isya nanti liwetannya,” tuturnya.

Ketika disinggung mengapa uang bansos tersebut diberikan pada orang lain. Dia mengaku bahwa uang bansos APBD Provinsi Jatim tersebut nominalnya terlalu kecil. Lebih lanjut, Zainuri mengklaim bahwa sebetulnya dia lebih layak untuk mendapatkan bantuan yang tahap pertama.

“Bantuan ini tidak layak, karena saya ini terlambat, harusnya bantuan yang awal,” pungkas Zainuri yang juga memiliki usaha warung.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video