Bertahan di Era Covid-19, Tenun Ikat Kota Kediri Berinovasi dengan Warna | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bertahan di Era Covid-19, Tenun Ikat Kota Kediri Berinovasi dengan Warna

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 02 Juli 2020 22:52 WIB

Erwin saat melakukan aktivitasnya. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Siasat Erwin, pemilik merek Tenun Bandoel, Tenun Ikat kediri tampil beda. Selain diversifikasi produk, ia berinovasi dengan warna-warna yang berbeda dengan pengrajin lain. Warna-warna tenun ikat karya Erwin ini menginspirasi koleksi neon karya Priyo Oktaviano yang show di Kota Kediri tahun 2019.

Erwin melanjutkan usaha tenun ikat ayahnya di Sentra Tenun Ikat Kediri di Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto. Sejak kecil ia sudah mengenal motif dan warna tenun. Hal itu memberi ide, bagaimana membuat warna-warna tidak monoton, motif yang lebih kekinian, sehingga ada nilai tambahnya.

“Saya belajar ototidak soal warna. Kalau melihat warna yang menarik, saya akan coba mengurai warnanya dengan mencampur berbagai warna sampai mendapatkan warna yang enak dilihat. Kadang kalau belum ketemu, saya ngga bisa tidur,” kata Erwin, Kamis (2/7).

Unsur-unsur warna yang ada dicampur menghasilkan warna baru. Pun dalam pencelupan, bisa 2-3 kali untuk menghasilkan warna yang dikehendaki, warna-warna kuat. Makanya, Erwin mematok harga lebih tinggi dibanding kain tenun ikat pada umumnya. Kain katun (bahan baju) untuk warna yang bagus harganya hingga Rp 250.000,-/lembar. Meski ia juga menyediakan motif seharga rata-rata yaitu Rp 175.000,-/potong. Untuk baju yang sudah dijahit seharga Rp 400.000,-/potong.

“Saya mematok harga lebih tinggi, memang saya menembak pasar yang lain,” kata Erwin ketika ditanya soal harga. Pengalamannya, tak selamanya menjual dengan harga murah selalu lebih laku. Target market penting untuk membuat keragaman produk. Bahkan harga yang lebih tinggi pun tidak jadi soal ketika ada nilai lebih yang ditawarkan. Terbukti Erwin memiliki pelanggan khusus yang selalu balik lagi untuk membeli.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video