Pilbup Gresik 2020: Gus Yani Optimis Dapat Rekom 8 Parpol

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Selasa, 30 Juni 2020 19:17 WIB

Gus Yani dan Ning Min.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) optimis bisa mendapatkan rekom dari semua partai politik (parpol) untuk tiket maju Pilbup Gresik 2020.

Hal ini diungkapkan Gus Yani usai menghadiri Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) II DPC PPP Gresik bersama pasangannya, Aminatun Habibah (Ning Min), di Hotel @HomePremiereGKB, Selasa (30/6). 

"Insya Allah saya optimis dapat rekom semua parpol. Termasuk PKB. Doakan saja," ujar Gus Yani didampingi Ning Min kepada BANGSAONLINE.com usai menghadiri Rapimcab II DPC PPP, Selasa (30/6).

Gus Yani mengaku telah membangun komunikasi dengan DPD, DPW, dan DPP semua parpol untuk minta restu agar bisa diusung pada Pilbup Gresik 2020.

Pada kesempatan itu, Gus Yani juga membuka rahasia kenapa akhirnya menambatkan pilihan calon wakil bupati kepada Ning Min. Padahal, banyak ketua parpol maupun figur lainnya yang digadang mendampinginya pada Pilbup Gresik 2020.

Menurut Gus Yani, Ning Min adalah sosok perempuan yang bisa jadi subyek penggerak pembangunan di Kabupaten Gresik. "Saya ingin Bu Min nanti, kalau kami insya Allah terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Gresik, agar kaum perempuan diberdayakan untuk membantu pembangunan, termasuk untuk mengurus masa depan anak-anak," katanya.

Gus Yani juga mengaku langsung cocok dengan Ning Min, meski dari segi umur dirinya lebih muda. "Baru kenal. Tapi klik langsung cocok," ungkapnya. 

"Setidaknya, saya maju ini ada 4 perempuan yang dekat dengan saya turut mendoakan ikhtiar saya menjadi Bupati Gresik, ibu saya, ibu mertua, istri saya, dan Ning Min," pungkas menantu Pengasuh Ponpes Bumi Salawat Tulangan Sidoarjo, Gus Ali ini.

Sementara Ning Min mengaku dipinang Gus Yani sebagai bakal calon wakil bupati setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Hal ini, kata Ning Min, dilakukan setelah Gus Yani keliling minta saran dan masukan ke kiai-kiai.

Saat itu, Ning Min mengaku belum bisa memberikan jawaban hingga seminggu. Ia kemudian minta petuah para kiai dan bu Nyai. "Setelah saya direstui, saya siap maju," kata putri almarhum KH. Ahmad Muhammad Alhammad Ponpes Qomaruddin, Bungah ini. 

Di Kabupaten Gresik sendiri ada 8 parpol pemilik kursi di DPRD Gresik. Yakni PKB dengan 13 kursi, Gerindra dengan 8 kursi, Golkar dengan 8 kursi, PDIP dengan 6 kursi, Nasdem dengan 5 kursi, PD dengan 4 kursi, PPP dengan 3 kursi, dan PAN dengan 3 kursi. (hud/ian)