Mas Iin Dorong Desa Dilibatkan untuk Pelestarian Cagar Budaya di Sidoarjo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mas Iin Dorong Desa Dilibatkan untuk Pelestarian Cagar Budaya di Sidoarjo

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Kamis, 25 Juni 2020 20:19 WIB

CAGAR BUDAYA: Achmad Amir Aslichin saat berkunjung ke Candi Dermo di Desa Candinegoro Wonoayu, belum lama ini. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Masyarakat desa perlu dilibatkan dalam upaya pelestarian sejumlah cagar budaya di Sidoarjo. Diketahui, ada sejumlah candi di Sidoarjo yang notabene peninggalan bersejarah dan merupakan cagar budaya.

Pengelolaan candi-candi tersebut di bawah kewenangan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur. Namun keikutsertaan masyarakat desa untuk bisa menggairahkan obyek wisata itu harus dilakukan. Misalnya Candi Dermo di Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

Salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit itu bisa menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. “Jika dikelola dan melibatkan masyarakat desa setempat hasilnya akan luar biasa,” kata Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Achmad Amir Aslichin, Kamis (25/6).

Sosok Bacabup Sidoarjo yang karib disapa Mas Iin itu berharap, ke depannya BPCB Trowulan bersama pemerintah desa (Pemdes) dapat bekerja sama dalam pelestarian cagar budaya tersebut. "Potensi dan ikon desa berupa candi harus dilestarikan," harap Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim itu.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim ini ingin agar pembinaan untuk desa terkait pelestarian cagar budaya juga dilakukan. Potensi sejarah yang ada di candi itu bisa jadi daya tarik bagi wisatawan. "Kami ingin peninggalan bersejarah ini diangkat kembali agar anak cucu kita kelak dapat menikmatinya," ucap mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo dua periode itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video