Sembuh, Tetangga dan Lingkungan Sekitar Diminta Tak Kucilkan Eks Pasien Covid-19

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Minggu, 21 Juni 2020 14:07 WIB

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dr. Murti Rukiyandari (foto: HERMAN/BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Murti Rukiyandari menyampaikan kabar gembira atas kesembuhan tiga pasien Covid-19 asal Kabupaten Trenggalek.

"Pada hari ini (20/6/2020), kami sampaikan kabar gembira terkait kesembuhan tiga orang pasien Covid-19 yang sebelumnya diisolasi di Asrama BKD Trenggalek, yakni pasien 13, 14, dan 15," ungkap dr. Murti, Sabtu (20/6/2020).

Dia menerangkan satu per satu jati diri dari ketiga pasien tersebut. Pertama, pasien nomor 13 berjenis kelamin laki-laki usia 62 tahun asal Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Kedua, pasien nomor 14 berjenis kelamin wanita usia 18 tahun asal Desa Ngrambingan, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Ketiga, pasien nomor 15 berjenis kelamin laki laki usia 46 tahun asal Desa Petung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

"Berdasarkan hasil swab PCR dua kali berturut-turut, ketiganya dinyatakan negatif, yakni swab yang diambil pada tanggal 12 Juni dan 15 Juni 2020, sehingga pada hari ini (20/6/2020), ketiga pasien tersebut dinyatakan telah sembuh," tandasnya.

Adapun dengan kesembuhan tiga pasien ini, Dinas Kesehatan Trenggalek akan menerbitkan surat keterangan sehat. Terhadap ketiga pasien tersebut, dr. Murti berpesan agar mereka tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Untuk tetangga, keluarga, dan masyarakat di sekitar pasien 13 di Desa Karanggandu, pasien 14 di Desa Ngrambingan, dan pasien 15 di Desa Petung dimohon untuk bisa menerima kembali ketiga orang tersebut berada di tengah masyarakat dan keluarga, serta beraktivitas kembali sebagaimana biasanya," pintanya.

Disebutkan oleh dr. Murti, dengan kesembuhan ketiga pasien tersebut, praktis dengan demikian di Asrama BKD Trenggalek sudah tidak ada lagi pasien yang diisolasi. Kendati demikian, masih ada empat orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, yakni pasien 16, 17, 18, dan 19. (man/zar)