Marak Rentenir Berkedok Koperasi, MPC PP dan LBH 19.III Malang Minta Eksekutif Bertindak Tegas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Marak Rentenir Berkedok Koperasi, MPC PP dan LBH 19.III Malang Minta Eksekutif Bertindak Tegas

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 18 Juni 2020 23:08 WIB

Komisi B DPRD Kota Batu saat menggelar Hearing bersama MPC PP Kota Batu dan LBH 19.III Malang, terkait KSP yang dinilai meresahkan masyarakat.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Maraknya koperasi yang berkedok sebagai rentenir di Kota Batu membuat masyarakat resah. Keresahan warga tersebut dipicu tingginya bunga dan cicilan yang mencekik leher.

Menyikapi keluh kesah masyarakat tersebut, DPRD Kota Batu menggelar hearing di ruang Rapat Pimpinan yang dihadiri pimpinan dan anggota Komisi B serta ormas Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu bersama Diskumdag, Bagian Hukum, dan LBH Malang 19.lll pada Kamis (18/6).

Dalam hearing itu, ormas PP meminta kepada Legislatif dan Eksekutif beserta dinas terkait untuk menelusuri praktik-praktik rentenir yang berkedok sebagai koperasi. Dan meminta dilakukan tindakan tegas berupa pencabutan izin apabila koperasi tersebut terbukti melakukan pelanggaran.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Batu, H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom mengatakan, keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan praktik di luar asas koperasi dalam artian praktik rentenir, harus dilakukan pembekuan terkait dengan izinnya.

"Karena mereka (KSP) meresahkan masyarakat. Dari sekian banyaknya KSP di Kota Batu, kami sinyalir mereka melakukan praktik rentenir semua. Salah satunya adalah KSP Delta Pratama," kata Abah Endro saat diwawancarai awak media usai hearing bersama DPRD Kota Batu.

Menyikapi banyaknya pengaduan dari masyarakat tersebut, tambah Endro, pihak DPRD Kota Batu mendorong Dinas Koperasi untuk segera melakukan evaluasi kepada semua koperasi yang sudah berdiri lama.

"Kalau memang terbukti ada pelanggaran, ya harus ada sanksi pencabutan usahanya izinnya, agar tidak membuat resah masyarakat," imbuh dia.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua MPC PP Kota Batu Edwin Setyo Atwiranto, S.H. menambahkan bahwa ia kerap mendapatkan laporan dari masyarakat, terkait dengan keberadaan koperasi yang berkedok sebagai rentenir di Kota Batu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video