Gagas Pertanian Durian Unggul 250 Ha, Agropolis Perkuat Potensi Wisata Wonosalam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gagas Pertanian Durian Unggul 250 Ha, Agropolis Perkuat Potensi Wisata Wonosalam

Editor: Redaksi
Jumat, 12 Juni 2020 23:16 WIB

Jajaran PT Agropolis Berkah bersama Anggota Komisi IV DPR-RI Ema Ummiyatul Chusnah.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Potensi wisata di kawasan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam lima tahun ke depan hingga 2025 diharapkan bisa ditopang dengan pertanian durian unggul hingga luasan minimal 250 hektare.

"Kawasan Wonosalam mempunyai potensi yang demikian besar, yaitu pertanian durian dan wisata makan durian. Dan kebun agrowisata Agropolis akan programkan hulu dan hilir dari pertanian durian unggul hingga 250 hektare dengan basis kemitraan bersama masyarakat dan petani durian Wonosalam," papar Direktur Utama PT Agropolis Berkah Nusantara Rully Anwar, Jumat (12/6/2020).

Selama ini, kawasan Wonosalam di pegunungan Anjasmoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah demikian tenar dengan event nasional yang diikuti puluhan ribu pengunjung, yaitu event Festival Kenduren .

"Keyakinan kami bersama para mitra petani durian dan pelaku usaha wisata Wonosalam, ketika potensi durian unggul Wonosalam bisa dimaksimalkan dalam luasan yang cukup signifikan, yaitu minimal 250 hektare, maka pariwisata Wonosalam akan ada lompatan besar dan menjadi lebih maju dari Kota Batu bagi Malang Raya ataupun Bogor bagi Jakarta," ujar mantan reporter Radio Suara Surabaya ini.

Peran serta dan dukungan berbagai pihak sangat penting untuk mewujudkan luasan hingga 250 ha pertanian durian unggul tersebut. Sekarang ini, Agropolis telah mulai dengan luasan kebun agrowisata 3,7 ha di dusun / desa / kecamatan Wonosalam.

"Kebun Agropolis tidak akan sendirian mewujudkan program hulu dan hilir pertanian durian unggul ini, karena harus punya pondasi kemitraan dengan masyarakat. Kami mengusung konsep berkebun berjamaah, di mana kebun-kebun Agropolis juga bisa dimiliki oleh publik dan dikelola secara transparan oleh manajemen Agropolis dengan skema bagi hasil yang menarik," jelas Rully Anwar.

Dari skema bagi hasil tersebut, juga dialokasi pula untuk pemberdayaan bersama masyarakat dan petani durian unggul. Sehingga, kesinambungan pengembangan pertanian durian unggul Wonosalam ini akan mempunyai akar yang kuat dan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video