Tanya-Jawab Islam: Cara Menyikapi Suami yang Sering Marah-marah karena Terkena PHK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Cara Menyikapi Suami yang Sering Marah-marah karena Terkena PHK

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Senin, 08 Juni 2020 07:17 WIB

Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Pak Ustadz, bagaimana caranya menghadapi suami yang sedang terkena musibah di-PHK dari pekerjaannya. Belakangan suami saya suka nongkrong begadang sama teman-temannya. Orangnya keras dan suka marah-marah. Bahkan sering bersikap kasar pada adik saya. Mohon pencerahan. (Nur Fadilah, Bendul Merisi, Surabaya)

Jawaban:

Semoga Ibu sekeluarga segera diberikan jalan keluar oleh Allah swt. Poin penting pertama yang harus saya sampaikan adalah, Ibu harus terus berusaha memberikan pemahaman kepada suami ibu, bahwa PHK itu bukanlah akhir dari segala-galanya.

Bisa jadi ini adalah awal dari permulaan karir yang baik pada bidang pekerjaan lainnya. Artinya, Allah sedang membukakan pintu-pintu rezeki yang lain yang belum diduga.

Kedua, bersikap sabar dan terus berusaha untuk mendapatkan peluang pekerjaan baru, serta terus melatih keterampilan yang dimilikinya. Sebab, Allah tidak akan menguji hambanya kecuali dengan kadar kemampuannya:

“… Allah tidak akan memberikan beban hambanya kecuali sesuai kadar kemampuannya …”. (QS. al-Baqarah:286). Artinya cobaan yang sedang Ibu dan Bapak hadapi masih dalam koridor batas kemampuan, maka harus tetap yakin akan pertolongan dari Allah.

Ketiga, selalu berprasangka baik kepada Allah, bahwa momentum cobaan ini (di-PHK) bahwa Allah sedang mengatur kehidupan keluarga Ibu untuk menjadi lebih baik, bukan malah berprasangka sebaliknya. Artinya selama kita yakin baik, Allah pasti akan memberikan ladang rezeki terbaik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video