​Persiapkan New Normal, Kemenag Tuban Mulai Ukur Arah Kiblat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Persiapkan New Normal, Kemenag Tuban Mulai Ukur Arah Kiblat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumat, 05 Juni 2020 18:12 WIB

Tim BHR Kabupaten Tuban sedang melakukan pengukuran arah kiblat, Jum'at (5/6).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Guna memenuhi permohonan pengukuran arah kiblat dari panitia pembangunan Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban mulai hari ini sudah terjun ke lapangan menyambut berlakunya WFO (Work From Office), Jum'at (5/6).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban Sahid mengatakan, layanan pengukuran kiblat ini guna memberikan kenyamanan umat dalam beribadah dalam mempersiapkan new normal.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak pengurus masjid/musala harus mengajukan surat permohonan kepada Kemenag, melalui petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Setelah surat itu diterima dan dipelajari, Kemenag akan menugaskan timnya di Penyelenggara Syari'ah. Kemudian, Penyelenggara Syari’ah menugaskan tim pengukuran arah kiblat.

"Pada saat pengukuran arah kiblat dilakukan, pengurus masjid dan mushola harus hadir sebagai saksi dan pihak yang mengusulkan," tuturnya.

Kata dia, pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak. Sebab, sebentar lagi akan dimulai pembangunan masjid An-Nur. "Ya karena sangat mendesak, makanya dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu, menurut panitia pembangunan masjid, Sudarmani, masyarakat di lingkungan Ngesong, Dusun Tlogonongko belum memiliki masjid sendiri. Sedangkan, masyarakat setempat jika Salat Jumat masih harus menempuh jarak 1 kilometer. 

Ia berharap, dengan akan dimulainya pembangunan masjid, masyarakat setempat semakin giat dalam beribadah kepada Allah SWT. "Selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim BHR Kabupaten Tuban atas bantuan pengukuran arah kiblat ini," paparnya.

Adapun data hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid AN-NUR adalah sebagai berikut :

Hari: Jumat

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video