Sidak TPA Tlekung, Komisi C Minta Pengelolaan Gas Metan Dioptimalkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sidak TPA Tlekung, Komisi C Minta Pengelolaan Gas Metan Dioptimalkan

Editor: .
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 04 Juni 2020 00:07 WIB

Rombongan Komisi C DPRD Kota Batu bersama Kepala DLH meninjau TPA Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Rabu (3/6).

KOTA BATU, BANGSAONLINE. com - Anggota Komisi C DPRD Kota Batu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu (3/6).

Sidak Komisi C tersebut terkait pemanfaatan gas metan yang dimanfaatkan warga desa sekitar TPA Desa Tlekung dan ditargetkan segera terealisasi semua dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut Khamim, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, selama ini warga sekitar memang belum bisa lepas dari bau yang tidak sedap akibat sampah. "Dari itu, kita tekankan kepada mereka semua yang terdampak adanya bau sampah tersebut. Setidaknya masih merasakan dampak manfaatnya dengan menggunakan gas metan," katanya.

Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Arief As Sidiq, bahwa gas metan dari TPA Desa Tlekung ini sudah dimanfaatkan 300 KK. "Sedangkan yang membutuhkan nantinya sekitar sejumkah 800 KK. Sehingga, sisanya sejumlah 500 KK lagi," ungkapnya.

Hanya, Arief mengakui pengelolaan gas metan di TPA Tlekung masih perlu penyempurnaan dalam pengelolaannya. "Sudah ada penyempurnaan walaupun belum maksimal. Kendalanya karena kultur tanahnya agak ke atas, sehingga pada saat melakukan pengolahan, gas metannya menguap dan terbawa angin sehingga terkadang menyebabkan bau yang kurang sedap dan sebagainya. Apalagi, pada saat gerimis," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   DPRD Batu DLH Batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video