Gubernur Khofifah Ajak Survivor Covid-19 Jatim Donor Plasma Darah Sembuhkan Pasien Corona | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Ajak Survivor Covid-19 Jatim Donor Plasma Darah Sembuhkan Pasien Corona

Editor: MMA
Rabu, 03 Juni 2020 14:59 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist/bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengajak survivor untuk bergotong royong melakukan gerakan aksi sosial donor plasma.

Hal itu dilakukan untuk bersama-sama membantu kesembuhan pasien di dan menurunkan angka kematian pasien . Plasma dari pasien yang sudah sembuh akan menjadi harapan baru untuk pengobatan di .

Saat ini ada 799 pasien yang sembuh. Bahkan kemarin pada tanggal 2 Juni 2020 pertambahan angka kesembuhan pasien Jatim mencapai angka tertinggi, dengan 100 orang pasien sembuh dalam sehari.

“Saya mengajak warga survivor , yang telah dinyatakan sembuh dari , yang setelah 2 kali hasil swab dinyatakan negatif, untuk bersama-sama melakukan aksi donor plasma,” kata Gubernur Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (3/6/2020) pagi.

Donor plasma darah dari pasien sembuh tersebut akan digunakan sebagai terapi plasma convalescent pada pasien yang berat dan juga sangat berat.

Sebagaimana diketahui, saat ini vaksin untuk belum ditemukan. Namun metode terapi plasma convalescent ini terbukti di Indonesia, Amerika, China, Inggris, maupun Korea efektif untuk membuat pasien sembuh total. FDA dan WHO juga telah memberikan izin untuk penggunaan plasma convalenscent pada pasien berat pada tanggal 29 Mei 2020.

Ini karena dalam plasma darah pasien yang telah sembuh dari , telah terbentuk antibodi yang mampu untuk melawan virus .

Dan jika diberikan pada pasien yang tengah berjuang untuk melawan virus SARS-CoV-2, maka antibodi ini akan menjadi bala tentara untuk membunuh virus corona yang ada di dalam tubuh pasien tersebut.

“Darah dari para survivor, pasien yang telah sembuh, bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Karena di dalamnya ada kekebalan yang bisa membunuh . Maka warga Jatim, sebelum vaksin ditemukan, mari bahu-membahu untuk saling membantu, dengan cara mendonorkan plasma darah anda,” ajak Gubernur Khofifah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video