Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan Bertambah 11 Orang, Total 27 Orang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Selasa, 02 Juni 2020 16:48 WIB

Peta sebaran Covid-19 di Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Madura, bertambah 11 orang. Dengan tambahan ini, berarti hingga Selasa (02/06/20), total pasien Covid-19 di Pamekasan menjadi 27 orang.

Menurut Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Dr. Syaiful Hidayat, tambahan sebelas pasien baru positif virus Corona di Pamekasan ini berdasarkan hasil swab test spesimen pasien.

Syaiful menduga, sebelas pasien baru ini terpapar melalui transimisi lokal saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Sebab, pada momen lebaran itu, masih banyak warga dari luar Pamekasan yang mudik atau pulang ke kampung halamannya.

"Atau bisa saja, ada yang terpapar saat hendak berbelanja atau berkunjung ke Pasar Tradisional. Saat ini kita kesulitan untuk melacak dari siapa pasien virus corona ini terpapar, sebab banyak yang terjangkit melalu transmisi lokal," ujarnya.

Lebih lanjut Syaiful mengingatkan masyarakat, di masa kondisi tambahan kasus virus Corona yang semakin meledak ini, agar lebih aktif memakai masker saat hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

Ia juga meminta kepada masyarakat Pamekasan agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta biasakan cuci tangan setiap dua jam sekali.

"Kalau masyarakat masih tidak sadar dan tidak mematuhi akan imbauan yang diberikan oleh pemerintah, maka kasus tambahan virus corona ini akan semakin meningkat," tegasnya.

"Mari saya mengajak masyarakat untuk sama-sama memutus mata rantai penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan peta sebaran Covid-19 per 2 Juni 2020, di Kabupaten Pamekasan terdapat 475 ODP, 65 kasus PDP, dan positif Covid-19 sebanyak 27 pasien.

Dari 27 pasien terkonfirmasi positif, 9 di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan 4 pasien meninggal dunia. Sisanya, masih dalam perawatan.

Berikut data sebelas pasien baru di Pamekasan yang positif terjangkit virus Corona.

1. Inisial A, pria berusia 60 tahun, warga Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

2. Inisial D, perempuan berusia 39 tahun, warga Kecamatan Proppo, Pamekasan.

3. Inisial I, perempuan berusia 63 tahun, warga Jalan Jembatan Baru, Pamekasan.

4. Inisial CW, pria berusia 40 tahun, warga Kelurahan Parteker, Pamekasan.

5. Inisial AA, perempuan 42 tahun, asal Kecamatan Tlanakan.

6, Inisial R, laki-laki 39 tahun, asal Kelurahan Kangenan.

7, Inisial M, perempuan 66 tahun, asal Pademawu.

8. Inisial RN, laki-laki 33 tahun, asal Kecamatan Pamekasan.

9. Inisial SF, perempuan 56 tahun, asal Kecamatan Pamekasan.

10. Inisial, laki-laki 40 tahun, asal Kecamatan Pegantenan.

11. Inisial TJ, laki-laki 46 tahun asal Kecamatan Tlanakan. (yen/rev)